Asda I Pemda Lebak, Alkadri; Panitia Pilkades Darmasari  Yang Mundur Tetap Melanjutkan Tugasnya

Asda Bidang Pemkesra Seta Lebak, Alkadri

LEBAK,BANTENGATE.ID—Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, diminta untuk tetap melanjutkan tugasnya mengawal jalannya pelaksanaan Pilkades sesuai dengan tahapan yang sudah dijadwalkan.

Bacaan Lainnya

Asda 1 (Bidang Pemerintahan dan Kesra)  Setda Kabupaten Lebak, Alkadri, menjelaskan hal tersebut menjawab pertanyaan Batengate, melalui sambungan selullar, Rabu (25/8/2021), sehubungan dengan pengunduran diri seluruh panitia Pilkades di Desa Darmasari pada Senin (23/8/2021) karena kecewa dan beda pendapat dengan panitia Kecamatan Bayah yang meloloskan tehadap salah satu calon.

Dijelaskan Asda 1, setelah menerima laporan  dan surat pengunduran diri ke 9 panitia Pilkades Darmasari pada Senin (23/8/2021) siang, atas perintah Sekda Lebak, Budi Santoso, langsung mengadakan rapat bersama para Kepala Bagian dan OPD terkait  untuk membahas persoalan tersebut.

Hasilnya, Panitia  Pilkades di Desa Darmasari tetap melanjutkan dan meneruskan tahapan proses Pilkades sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Sebab, sekalipun panitia membuat surat mengunduan diri yang  ditujuakn kepada BPD Darmasari, dari  pihak BPD belum  menjawab, menyetujui  dan memberhentikan panitia tersebut.

“Yang menetapkan panitia Pilkades BPD, sehingga yang memberhentikan juga harus BPD. Selama BPD belum menerbitkan surat keputusan tentang pemberhentian, maka panitia secara hukum tetap syah dan harus tetap bekerja melanjutkan proses tahapan Pilkades,”kata Allkadri.

Menurut Alkadri, tadi pagi saya sudah mendapat laporan dari Bayah, bahwa Panitia Pilkades di Desa Darmasari sudah melaksanakan proses tahapan undian penentuan nomor urut calon dan warna bendera calon. Artinya, panitia sudah bekerja,” kata Alkadri.

Sebagaimana diberitakan media,  konstalasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, sempat kisruh dan puncaknya 9 orang panitia Pilkades sepakat mengundurkan diri secara tertulis  Senin (23/8/2021). Surat pengunduran itu ditujukan kepada BPD dengan tembusan Panitia Kecamatan dan Kabupaten Lebak.

Kekisruhan itu, lantaran kecewa terhadap keputusan penitia di tingkat kecamatan  yang meloloskan salah satu Bakal Calon (Balon) Kades yang  kini masih menjabat di Desa Pamumbulan dengan masa jabatan yang masih cukup lama, belum mendapatkan izin cuti dari Bupati Lebak.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Darmasari, Iskandar, menyebutkan, bahwa bakal calon Kepala Desa Darmasari yang sudah terverifikasi secara administrasi sebanyak empat orang dari lima orang yang daftar. Sedangkan satu orang pendaftar itu merupakan Kepala Desa Pamubulan dan belum menyerahkan  izin cuti dari Bupati Lebak kepada panitia sampai batas waktu yang ditentukan.—(em)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *