Bakesbangpol Kabupaten Tangerang Gelar Bimbingan Teknis Peningkatan Manajemen Ormas

Bakesbangpol Kabupaten Tangerang Gelar Bimbingan Teknis Peningkatan Manajemen Ormas

Bantengate.id, Tangerang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Manajemen Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Tangerang, Senin (18/12/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 159 peserta dari 53 ormas yang ada di Kabupaten Tangerang.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Pada Bakesbangpol Kabupaten Tangerang, Sapta Laelany mengatakan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan ormas terkait peluang usaha dan tertib administrasi.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi suatu kesempatan yang baik dalam memperluas peluang pengetahuan bagi kemajuan ormas yang ada di Kabupaten Tangerang,” kata Sapta.

Pada kegiatan ini, sejumlah narasumber turut memberikan materi, diantaranya adalah Suryati selaku Pegiat UMKM Kabupaten Tangerang, Andini sebagai Praktisi Pemberdayaan Masyarakat, Eris Andriansyah dari Kanwilkumham Provinsi Banten dan Fahmi selaku Vendor dari Database Ormas.

Materi yang diberikan antara lain terkait peluang usaha bagi ormas, cara melakukan tertib administrasi, serta peran ormas dalam pembangunan daerah.

Sekretaris Bakesbangpol Kabupaten Tangerang, Encep Muhayat, mengatakan, ormas merupakan organisasi yang dibentuk oleh warga negara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kegiatan, profesi, fungsi, agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk berperan dalam pembangunan negara.

“Ormas juga merupakan salah satu mitra pemerintah dan sebagai fasilitator masyarakat. Maka dari itu, Ormas dituntut untuk profesional, sehingga keberadaan ormas dapat dirasakan oleh segenap lapisan masyarakat,” kata Encep.

Encep berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kemandirian ormas dalam mencapai tujuan organisasi. (ikp/dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *