BPBD Kabupaten Tangerang Tambah Enam Unit Mobil Pemadam Kebakaran Baru

BPBD Kabupaten Tangerang Tambah Enam Unit Mobil Pemadam Kebakaran Baru

Tangerang. Bantengate.id— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten,  menambah enam unit mobil pemadam kebakaran untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang maksimal, cepat, dan profesional, terutama dalam menangani peristiwa kebakaran.

Bacaan Lainnya

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat, mengungkapkan bahwa terdapat enam unit mobil pemadam kebakaran baru. Satu unit mobil pemadam kebakaran berkapasitas 10 ribu liter, empat unit mobil pemadam kebakaran berkapasitas 5 ribu liter, dan satu unit lagi berukuran kecil dengan kapasitas 3,5 ribu liter air.

“Pada tahun 2024, ada pengadaan 6 unit mobil damkar baru yaitu 1 unit mobil besar high pressure, 1 unit mobil pemadam, 2 unit mobil tangki spek pemadam, serta 2 unit water supply. Hari ini kami (BPBD) lakukan uji coba di pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang,” kata Ujat saat diwawancara, Selasa  9 Juli  2024.

Ujat menjelaskan bahwa pihaknya melakukan penambahan armada mengingat Kabupaten Tangerang memiliki wilayah yang luas dan membutuhkan mobil damkar dengan performa prima. “Unitnya sudah perlu regenerasi karena ada beberapa kendaraan yang sudah tidak layak pakai sehingga pemanfaatannya kurang optimal,” ucapnya.

Dengan tambahan armada ini, Ujat Sudrajat berharap kinerja BPBD akan semakin maksimal. Ia menekankan pentingnya respons yang cepat dalam menangani kebakaran, dengan target agar tim damkar dapat tiba di lokasi kejadian dalam waktu lima belas menit.

“Jika terjadi kebakaran, dalam tempo lima belas menit tim damkar harus sudah sampai di tempat kejadian,” tegasnya.

Selain fungsi utama sebagai mobil pemadam kebakaran, kata Ujat, enam unit mobil ini juga dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih.

“Selain menjalankan fungsi utamanya untuk penanganan kebakaran, mobil damkar ini juga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan air,” jelasnya.

Dia mengungkapkan bahwa mobil pemadam baru ini rencananya akan ditempatkan di Pos Damkar BSD, Pos Damkar Tigaraksa, Pos Damkar Kosambi, Pos Damkar Pasar Kemis, dan Mako Damkar Curug.--(red/ikp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *