Danrem 064 MY Brigjen TNI Tatang Subarna, Hadiri Milangkala ke-3 Paguyuban Sumedang Larang Banten

Pandeglang, Bantengate.id–Paguyuban Sumedang Larang (PSL) Banten,  merayakan Milangkala (Hari Jadi) ke-3, di Balai Budaya Kab. Pandeglang, Provinsi Banten, Minggu (19/02/2023). Hadir dalam acara tersebut Mahapatih Keraton Sumedang Larang, Rd. Lili Jamur Sumawilaga, dan Danrem 064 Maulana Yusuf, Brigjen TNI Tatang Subarna, yang berasal dari Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Bacaan Lainnya
Milangkala ke-3, Paguyuban Sumedang Larang Banten (foto :kusma)

Sekitar seribu warga Provinsi Banten keturunan Sumedang memenuhi halaman Balai Budaya Kab. Pandeglang. Semua berbaur dengan keturunan Sumedang lainnya, seperti perkumpulan Sadulur Salembur Sumedang (S3), yaitu keturunan Sumedang yang merantau di Bogor Raya, Jawa Barat serta Ikatan Wargi Sumedang (IWS) Sukabumi, yaitu perkumpulan keturunan Sumedang di Sukabumi, Jawa Barat. Selain itu, dihadiri pula Gabungan Pemuda Rantau Sumedang (GPRS)

Acara diawali dengan arak-arakan pengantin sunat dengan menggunakan delman keliling Alun-alun Pandeglang. Arak-arakan lepas Pupuhu (Ketua Umum) PSL Banten, Dudung Permana didampingi para pengurus lainnya. Sementara proses sunatan berlangsung, dilaksanakan pagelaran seni budaya.

Dudung Permana menjelaskan, PSL Banten merupakan perkumpulan orang-orang Sumedang yang ada diwilayah Provinsi Banten baik itu yang lahir di sumedang atau keturunan Sumedang. Visi dan Misi PSL Banten adalah silaturahmi dan sosial. Visi ini adalah bersatu padunya orang-orang Sumedang yang ada di Provinsi Banten untuk turut serta membangun Banten serta memberikan manfaat untuk Masyarakat.

Misi sosial menurut Dudung, sudah diimplementasikan dalam wujud membantu warga Banten keturunan Sumedang khususnya dan Masyarakat Banten pada umumnya. Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan PSL Banten diantaranya membantu masyarakat yang terdampak bencana yang terjadi di Wilayah Banten. Selain itu, PSL Banten selalu melaksanakan bhakti sosial dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan berupa santunan anak yatim, perbaikan mushola- yang ada di perkampungan-perkampungan serta memperbaiki sarana dan prasarana di wilayah terpencil.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan Kabupaten Pandeglang, Rd. Gunara Daradjat, yang hadir mewakil Bupati Pandeglang, Irna Natulita Dimyati Natakusumah, mengapresiasi keberadaan PSL Banten di Banten, khususnya Pandeglang. “PSL Banten sudah dirasakan manfaatnya dalam pemberdayaan masyarakat di Pandeglang,” katanya.

Mahapatih Keraton Sumedang Larang, Rd. Lili Jamhur Suyadilaga, berharap PSL Banten bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah di Banten. PSL Banten harus bisa bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat dalam membangun Banten.

Lili Jamhur juga mengatakan Sumedang sudah ditetapkan sebagai Puser (pusat) Budaya Sunda. Sesuai fungsinya, saat ini keraton adalah sebagai pusat budaya, untuk Keraton Sumedang Larang sebagai pusat budaya sunda. Untuk itu, Lili berharap PSL Banten bisa menjadi kepanjangan tangan dari centrum budaya sunda di Banten. “PSL Banten harus bisa bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah di Banten untuk melestarikan dan mengembangkan Budaya Sunda,” tandasnya.

Sementara itu Tatang Subarna yang disapa akrab Abah yang juga putra asli Sumedang berpesan bahwa orang Sumedang yang ada di luar Sumedang harus bisa bermanfaat untuk wilayah yang ditempatinya. Selain itu, Abah menegaskan kepada PSL Banten untuk guyub bersatu padu membangun lemah cai (tanah air). Namun, jangan lupa juga kepada dulur salembur yang ada di luar Sumedang.
“PSL Banten harus bisa membawa manfaat dan berkah kepada semua wilayah khususnya Provinsi Banten.,” katanya.

Milangkala PSL Banten ke-3 dilaksanakan dengan beragam kegiatan antara lain melaksanakan sunatan masal dan santunan anak yatim atau yatim piatu, serta pagelaran seni dan budaya. Dalam kesempatan itu pula diluncurkan lagu Karatagan (Mars) Paguyuban Sumedang Larang, karya Abah Alam Sukmaja Putera, asli putra Sumedang yang sekarang menjadi Warga KabupatenPandeglang. Sementara agenda milangkala merupakan ajang silaturahmi tahunan orang-orang Sumedang di Provinsi Banten. Milangkala dilaksanakan bergiliran di wilayah Provinsi Banten. Untuk Milangkala ke-4 PSL Banten akan dilaksanakan di Kabupaten Lebak Provinsi Banten.–(kusma/dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *