Desa Cituis, Potensi Pusat Kuliner Seafood dan Destinasi Ekowisata Baru di Kabupaten Tangerang

Jainudin, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang

Bantengate.id, Tangerang, 16 Januari 2024* – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tangerang tengah merancang langkah-langkah strategis dalam mendukung upaya peningkatan perkonomian masyarakat pesisir. Dengan mengambil langkah maju, Diskan Kabupaten Tangerang akan menjadikan Desa Cituis, Kecamatan Pakuhaji, sebagai pusat kuliner seafood dan mengembangkan sarana pariwisata di kawasan Pulau Seribu.

Bacaan Lainnya

Potensi besar terletak pada tempat pelelangan ikan Cituis, yang berada di Kecamatan Pakuhaji. Jainudin, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, mengungkapkan bahwa tempat ini memiliki daya tarik ekonomi yang signifikan untuk wilayah pesisir dan pengembangan pariwisata. “Kami akan meningkatkan sarana-prasarana di Cituis untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu. Ada potensi besar di Cituis, terutama karena akses ke Kawasan Kepulauan Seribu,” ujar Jainudin pada Kamis (16/01/24).

Langkah selanjutnya yang diambil adalah menjadikan Desa Cituis sebagai pusat kuliner seafood. Jainudin menyatakan, “Dengan pembaruan fasilitas, kami yakin akan menarik lebih banyak wisatawan, baik dari Kabupaten Tangerang maupun luar daerah. Hal ini tentu akan berdampak positif pada ekonomi masyarakat.”

Bukan hanya Cituis, wilayah Kemiri juga dipandang memiliki potensi besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir. Keberadaan tambak, mangrove, dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) menjadikan Kemiri sebagai destinasi ekowisata yang menjanjikan. “Kami melihat bahwa kolaborasi antara tambak, mangrove, dan PLTU dapat menciptakan daya tarik ekowisata yang unik, berkontribusi pada peningkatan ekonomi masyarakat,” papar Jainudin.

Dalam konteks ini, sektor perikanan dianggap sebagai elemen kunci dalam meningkatkan ekonomi dan mengurangi kasus stunting. Diskan Kabupaten Tangerang optimis bahwa program gerbang mapan yang telah dicanangkan dapat menjadi solusi untuk pengentasan kemiskinan dan stunting. “Kami berharap, melalui Dinas Perikanan, kita dapat menghadirkan perubahan nyata dalam penataan wilayah pesisir dan peningkatan ekonomi masyarakat pesisir,” tandasnya dengan optimisme. (dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *