DLHK Bangun Sarana Pendukung Kapal Pembersih Sampah Neon Moon II

DLHK Bangun Sarana Pendukung Kapal Pembersih Sampah Neon Moon II

Bantengate.id, Tangerang, -Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengebut pembangunan sarana dan prasarana pendukung operasional kapal Neon Moon II. Kapal pembersih sampah bantuan dari band asal Inggris Coldplay ini akan beroperasi Januari 2024.

Bacaan Lainnya

“Kami sedang percepat pembangunan sarana dan prasarana pendukungnya, juga melatih petugas untuk pengoperasian kapal,” kata Fachrul saat dikonfirmasi, Sabtu (2/11/2023).

Menurut Fachrul, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan membangun dermaga hanggar sebagai lokasi pemilahan dan pengolahan sampah, kantor sekretariat, dan pos satpam.

Selain itu, disiapkan juga alat berat dan perahu boat sebagai fasilitas pendukung Neon Moon II. Tak hanya itu, dia menyebutkan sebanyak 12 orang akan dilatih untuk mengelola dan merawat kapal berkapasitas enam ton sampah plastik ini.

Fachrul menjelaskan, sampah dari Sungai Cisadane diangkut menggunakan kapal ini lalu dibawa ke tempat penampungan sampah untuk diolah kembali.

“Sampah organik akan dipisahkan dan diolah dengan maggot yang sebelumnya dicacah. Pengolahan sampah tersebut akan menghasilkan kompos dan maggot menjadi pakan ikan. Sedangkan untuk sampah anorganik akan dipisahkan,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk sampah yang masih bernilai akan dijual KSM untuk operasional. Untuk sampah bernilai rendah atau low value akan diolah menjadi barang bermanfaat.

Sebelumnya, The Ocean Cleanup dan band asal Inggris Coldplay memberi bantuan Kapal Neon Moon II untuk bersihkan sampah plastik di Sungai Cisadane, Kabupaten Tangerang. Saat ini sumber daya manusia sedang disiapkan untuk pengoperasian kapal.

“Saat ini sedang memberikan training kepada 12 orang untuk dapat mengoperasikan kapal penyedot sampah Neon Moon II dan Januari 2024 diharapkan kami operasikan secara menyeluruh,” ujarnya. (ikp/dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *