Harga Komoditas Cengkeh Kering di Kabupaten Lebak Capai Rp 120.000 per Kilogram

Harga Komoditas Cengkeh Kering di Kabupaten Lebak Capai Rp 120.000 per Kilogram

Lebak, Bantengate.id—Harga komoditas cengkeh kering di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada musim panen tahun 2024 mencapai angka Rp 93.000 hingga Rp 120.000 per kilogram. Harga tersebut diperkirakan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebutuhan.

Bacaan Lainnya

Pemilik Toko Sahabat Tani, H. Ujang,  yang juga  pengepul (tengkulak) cengkeh, di Kampung Sukahujan, Desa Pondokpanjang, Kecamatan Cihara, menyampaikan, bahwa dua bulan  lalu kami beli cengkeh kering dengan harga Rp 120.000, namun sekarang ini kami beli dengan harga Rp 93.000 per kilogramnya.

“Setiap hari kami di sini mengumpulkan cengkeh kering sebanyak 2 hingga 3 ton, bahkan bisa lebih. Itu semua kami beli dari petani dan pengepul yang lebih kecil lagi. Biasanya dikumpulkan dulu dan nanti kami jual lagi,” kata H. Ujang, Senin 8 Juli  2024.

Menurut H. Ujang, tahun ini cengkeh lebih banyak dari tahun sebelumnya, sehingga membuat para petani tersenyum sumringah.

Sementara itu, Budin, pengepul (tengkulak) kecil cengkeh di Kampung Malangnengah, Desa Citeupuseun, Kecamatan Cihara, berharap harga cengkeh tinggi agar para petani bisa menikmati hasil taninya (cengkeh) lebih puas.

“Saya berharap harga cengkeh lebih tinggi lagi agar para petani bisa menikmati hasil tanamannya dengan puas hati. Apalagi seperti tahun 2024 ini termasuk panennya lumayan banyak,” ucapnya–(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *