Itqu Layali, Lulusan SMA Terpadu Al-Qudwah yang Hafal Al-Qur’an 30 Juz

Itqu Layali, Lulusan SMA Terpadu Al-Qudwah yang Hafal Al-Qur'an 30 Juz

Bantengate.id, Lebak, Salah satu yang menarik dalam kegiatan High School and Al Qur’an graduation SMA Terpadu Al-Qudwah adalah diumumkannya siswa yang hafal 30 juz Al Qur’an. Hal ini istimewa sebab tentu tidak mudah menghafal Al-Qur’an. Apalagi sampai 30 juz. Siswa tersebut adalah Itqu Layali putri dari Bapak Chaeril Apriliana dan Ibu Ida Ningsih.

Bacaan Lainnya

Prestasi ini disampaikan pada Ahad, 21 Mei 2023 bersamaan dengan 44 siswa kelas XII yang diwisuda di aula BPMP provinsi Banten.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Lebak Gugun Nugroho S.Pd. M.Si., pengawas SMA kabupaten Lebak Dr. Eko Suprapto M. Si., kepala yayasan Qudwatul Ummah H. Nurjaya, M.Pd., kepala bidang Pendidikan KH. Samson Rahman MA, kepala SMA Terpadu Al-Qudwah Iwan Supriana, dan kepala sekolah lembaga di lingkungan yayasan Qudwatul Ummah.

Capaian 30 juz tentu membuat banyak orang memberikan apresiasi. Namun, tentu kita ingin tahu juga bagaimana perjuangan Itqu hingga mencapai 30 juz itu.

“Itqu selesainya pas kemarin kelas 12 karantina tahfidz di sekolah. Awalnya sudah 20 juz, terus di Al-Qudwah dilanjutin 10 juz nya lagi,” terangnya.

SMA Terpadu Al-Qudwah memiliki program takhasus Al Qur’an. Siswa yang berminat dan memenuhi syarat bisa memilih program ini yang lebih banyak waktu menghafalnya daripada kegiatan pembelajaran lainnya.

Itqu pun tak ragu membagikan tipsnya dalam menghafal.

“Saat juz-juz awal dulu masih suka ganti-ganti metode ngafal. Mana yang nyaman sama cepet gimana. Tapi setelah di atas 5 juz hafalan baru bisa paham sama metode ngafal Itqu kayak gimana. Jadi, kalau Itqu mau ziyadah, sebelumnya baca dulu minimal 2 kali halaman yang mau di hafal.”

Itqu mengaku terbantu dengan suasana boarding yang punya sistem mendukung untuk menghafal.

“Waktu yang paling efektif buat menghafal sehabis Subuh, biar masih fresh. Itqu lebih suka menghafalnya pake Al Qur’an perkata supaya ngerti juga arti dari ayat yg dibaca. Jadinya lebih mudah untuk dihafal. Terus nggak ganti-ganti Qur’annya supaya kita inget letak ayat atau hurufnya.”

Atas prestasinya itu, Itqu mendapat sejumlah penghargaan dari sekolah. Tak hanya itu, Itqu juga mendapat penghargaan sebagai siswa terbaik 3 nilai IPA.

Kepala SMA Terpadu Al-Qudwah Iwan Supriana menyampaikan Al Qudwah menganggap semua siswa berprestasi.

“Setiap siswa punya potensi dan prestasi masing-masing. Ada yang akademik, non akademik, bahkan organisasi. Selama tiga tahun sekolah sudah mendampingi. Mudah-mudahan bekal di jenjang pendidikan selanjutnya,” ujar Pak Kepala Sekolah.

SMA Terpadu Al-Qudwah yang beralamat di jln. Maulana Hasanuddin Kp Cempa Ds Cilangkap kec Kalanganyar kab Lebak Banten memang ideal untuk siswa-siswi dalam mengembangkan potensi dan mencapai prestasinya. Sekolah yang berdiri sejak 2011 lalu punya motto SMATA Rumah Kita.

Sementara itu, KCD berpesan agar siswa terus mempertahankan pembiasaan baik yang dilakukan di Al Qudwah.

“Apa saja pembiasaan baik itu harus kalian jaga. Misalnya kebiasaan tahajud, duha, tilawah dan lainnya yang sudah rutin dilakukan terus dilakukan. Al Qudwah telah menjadi sekolah yang mencetak generasi unggul,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *