Jembatan Gantung “Suramadu” di Banten Selatan Selesai di Bangun dan Difungsikan

Kadis PUPR Kab.Lebak, H. Maman SP, SST,M.Si

BANTENGATE.ID,LEBAK—Warga Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menyambut gembira  selesainya pembangunan jembatan gantung “Suramadu” yang menghubungkan  Kampung  Suwakan – Kampung Suramadu, Desa Suwakan, Banten Selatan.

Bacaan Lainnya

“Ahamdulillah, pembangunan jembatan gantung  yang membentang di atas Sungai Cimadur, Kecamatan Bayah selesai dibangun dan sudah difungsikan mulai siang tadi. Kami senang, menyaksikan banyak masyarakat yang sengaja datang dan mencoba melintasi jembatan dengan mengendarai kendaraan roda empat dan roda dua. Banyak juga warga yang ber-swafoto  di atas jembatan,”kata Kadis PUPR Kabupaten Lebak, Maman SP, SST. M.Si, kepada Bantengate di Rangkasbitung, Jumat  malam (30/7/2021).

Dijelaskan H.Maman, pembangunan Jembatan dengan panjang 66 meter lebar 1,7 meter yang membentang di atas Sungai  Cimadur ini, sempat terhenti pelaksanaanya yang dikerjakan oleh rekanan PT. BIL, sehingga sempat membuat warga kecewa.

Dinas PUPR Kabupaten Lebak, Banten, sudah memperingatkan rekanan tersebut sampai dengan batas waktu yang ditentukan sesuai prosedur, namun penyedia barang/jasa tidak mampu juga menyelesaikannya dan akhirnya di black lits dengan progress pekerjaan 82 persen atau senilai Rp 2,46 miliar.

Pekerjaan kemudian dilanjutkan oleh CV. Rezosh Kontraktor Indonesia dengan sisa anggaran sebesar Rp 512 juta.  Total anggaran untuk membangun jembatan tersebut sebesar Rp 3 miliar.

Menurut H. Maman,  diharapkan dengan selesainya jembatan tersebut  dapat lebih memacu percepatan pertumbuhan perekonomian masyarakat  di daerah sekitarnya. Selain itu, diminta kepada masyarakat  pengguna angkutan  untuk mematuhi MST terberat kendaraan  yang diperbolehkan melintasi jembatan tersebut dengan maksimal 2 ton atau hanya kendaraan pribadi.

“Kami sudah membangun jembatan itu, yang anggarannya juga berasal dari rakyat. Maka selanjutnya  diminta kepada  masyarakat untuk menjaga  dan memelihara jembatan tersebut, sehingga bisa berusia panjang dan lebih bermanfaat,”kata H.Maman SP.

Evi Tami (35) dan Deni (25) warga Suwakan, Bayah, menyampaikan terimakasih kepada Dinas PUPR Kabupaten Lebak  yang sudah membangun jembatan gantung  yang melintasi perkampungannya.–(dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *