Kabupaten Tangerang Terbaik Ke-I Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Se-Provinsi Banten

Kabupaten Tangerang Terbaik Ke-I Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Se-Provinsi Banten

Tangerang, Bantengate.idPemerintah Kabupaten Tangerang, untuk kesekian kalinya kembali meraih penghargaan sebagai Predikat Terbaike-1 dalam Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah terbaik Se-Provinsi Banten pada Trwiulan ke-II Tahun 2023. Sementara Terbaik  ke-II  diraih Kota Tangerang Selatan.

Bacaan Lainnya

Penghargaan tersebut disampaikan Penjabat Sekda Provinsi Banten, Virgojanti, dalam Rakor Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, di Hotel Novotel, Kota Tangerang, Selasa (5/9/2023).

Penjabat Sekda Provinsi Banten, Virgojanti, mengatakan, kegiatan Rakor tersebut merupakan salah satu ajang bertukar pengalaman bagi seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Banten dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah.

“Mudah-mudahan ke depan nanti dalam   penatakelolaan keuangan dan aset yang akan datang dapat semakin lebih baik lagi,” kata Virgojanti.

Pada kesempatan itu, Virgojanti, juga menyampaikan sinergitas antar daerah sangat diperlukan, sehingga diharapkan mampu mewujudkan pengelolaan keuangan dan aset daerah yang akuntabel, efektif dan efisien serta dapat memberikan kemanfaatkan kepada masyarakat.

“Tadi saya menyampaikan terkait yang harus dapat disepakati bersama, baik itu mengenai akuntabilitas, efektif dan efisien dalam penggunaan anggaran dan aset. Itu yang kita tekankan pada Rakor ini,” katanya.

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten, Rina Dewiyanti, menuturkan Rakor tersebut merupakan kegiatan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan Pemprov Banten kepada Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Banten.

Setidaknya, kata Rina, dalam jangka satu tahun Pemerintah Provinsi diminta untuk  menggelar Rakor Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah minimal 3 kali.

“Kita diamanatkan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota terkait pengelolaan keuangan dan aset daerah,” ujarnya.

“Rakor ini juga untuk menilai kinerja dari pengelolaan keuangan Kabupaten/Kota selama tahun 2023 dengan beberapa indikator yang kita nilai,” sambungnya.

Rina juga menjelaskan dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah yang akuntabel tersebut, bukan hanya sebatas mampu dipertanggungjawabkan, melainkan harus mampu dijabarkan dan dijelaskan.

“Karena kita punya satu misi yang sama, bahwa seluruh pengelolaan keuangan dan aset yang dilakukan oleh Kabupaten/Kota di Provinsi Banten itu telah dilaksanakan dengan baik, tertib, efektif, efisien dan bermanfaat,” tandasnya.

Sekda Kabupaten Tangerang, Mochamad Mesyal Rasyied, mengucapkan syukur dan terima kasih kepada seluruh OPD atas usaha dan dedikasinya sehingga Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tangerang berhasil mendapatkan peringkat terbaik pertama se-Provinsi Banten.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para Asisten  Kepala OPD, Camat, terutama kepada jajaran BPKAD yang telah melakukan tugasnya dengan sangat baik dan telah mendukung program Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah di Kabupaten Tangerang dengan baik,” kata Sekda yang akrab disapa Bang Rudy.

Sebagai informasi, kegiatan Rakor tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten dan diikuti oleh seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten.

Dalam Rakor tersebut juga terdapat beberapa materi yang disampaikan, diantaranya oleh Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Horas Maurits Panjaitan, Kepala BPKD Kota Tangerang, Tatang Sutisna, dan penyampaian Keynote Speech oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah.

Sebagai informasi, pada Tahun 2022 lalu, Pemerintah Kabupaten Tangerang meraih juara umum dalam Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah,  se-Provinsi Banten.—(adv/diskominfokabtangerang***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *