Kades Sindangmulya Surati BBWSC3 Ratusan Bidang Tanah Warga Bakal Terendam Waduk Karian Belum di Bayar

Lebak, Bantengate.id–Kepala Desa Sindangmulya, Hj. Nani Permana, untuk kali kedua melayangkan surat pengajuan floting dan permohonan pembayaran kompensasi  ratusan bidang tanah warganya yang akan terendam Waduk Karian namun belum dibayar, kepada Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Cidurian  Ciujung (BBWSC3).

Bacaan Lainnya

Dalam surat dengan nomor : 800/15/Ds.2016/II/2023 tanggal 25 Februari 2023, yang ditembuskan kepada; Bupati Lebak, DPRD Lebak, Kantor Pertanahan/BPN Lebak dan Camat Maja, perihal Floting Bidang Tanah dan Proses Pembayaran. Di Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten, sesuai dengan laporan masyarakat masih terdapat sekitar 100 bidang tanah warga  dengan status  8 (delapan) bidang sertifikat hak milik (SHM) yang dikeluarkan Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak tahun 1992, atas nama: Pardi, Cecep, Dayat, H Umamah, Emi, H. husen, Marni dan H Muna, dengan jumlah luas 60.825 M2  dan sekitar  50 hektar status tanah garapan.

Selain sejumlah bidang tanah di Desa Sindangmulya, yang belum dibayar, juga terdapat 600 lebih makam di blok Cikapas yang belum direlokasi dan rencananya akan dipindahkan ke pemakaman di blok Cijurig.

Waduk Karian tidak lama lagi akan diresmikan dan direncanakan pada akhir tahun 2023 ini.  Sebanyak 11 desa di wilayah  Kecamatan Sajira, Maja, Cimarga dan Rangkasbitung, akan “tenggelam” air waduk yang bersumber dari kali Ciberang. Waduk Karian  seluas  2.226, 44 Hektar dengan jumlah bidang total 12.003 bidang, hingga  akhir Februari 2023 sudah terbebaskan seluas 1.971,51 hektar atau sekitar  88,55% sebanyak 10.569 bidang. Sedangkan sebanyak 1.434 bidang dengan luas 254, 93 hektar belum terselesaikan pembayarannya kepada warga.

Kepala Bidang Pelaksana Jaringan Sumber Air (PJSA)  pada BBWSC3, David, saat dihubungi terkait persoalan tuntutan warga Sindangmulya,  belum dapat dimintai komentarnya, karena nomor selularnya dalam kondisi sedang tidak aktif.

Sementara Suyadi, dari Bagian Humas BBWSC3, mengatakan;”surat dari Kades Sindangmulya sudah saya sampaikan ke Sekretaris Kepala Balai,” jawabnya melalui pesan WhatsApp.–(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *