Kadis DPMD Banten, Virgoyanti, Ajak Pemerintah Desa Jaga Ketahanan Pangan Untuk Kendalikan Inflasi

Serang, Bantengate.id--Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Banten, Virgojanti, mengajak  Pemerintah Desa se-Provinsi Banten  untuk menjaga ketahanan pangan dalam rangka pengendalilan laju inflasi.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Virgoyanti, sebagai tindak lanjut  arahan Pj. Gubernur Banten, Al Muktabar, usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah  secara virtual yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia M. Tito Karnavian, di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang. Selasa, (24/01/2023).

Menurut Virgoyanti, Desa memiliki peran yang cukup strategis dalam upaya pengendalian inflasi dan menjaga ketahanan pangan di wilayah perdesaan, sehingga diharapkan Kepala Desa untuk dapat terus melakukan inovasi-inovasi ke depannya.

Dikatakan, kreativitas dan inovasi Kepala Desa  sangat berperan dalam upaya memperkuat ketahanan pangan dan pengendalian inflasi. Inovasi dan kreativitas Kepala Desa dalam hal menjaga ketahanan pangan diwilayahnya diharapkan dapat berkontribusi terhadap upaya menjaga ketahanan pangan yang akhirnya hal ini secara langsung turut berkontribusi dalam upaya penurunan inflasi.

Virgojanti, juga mengemukakan Bantuan Keuangan (Bankeu) Desa yang akan digulirkan oleh Pemerintah Provinsi Banten kepada Pemerintah Desa di tahun  2023, dan  tidak jauh berbeda peruntukannya dengan tahun sebelumnya. Bankeu desa diantaranya untuk bidang kesehatan dalam pencegahan stunting serta peruntukan sarana dan prasarana pendukung. Draft juknis  sudah disusun, dan  akan dibahas terlebih dahulu dengan Apdesi dan PMD kabupaten.

“Bankeu Provinsi Banten tahun 2023, program kerjanya  masih ada yang sama  dengan tahun  2022, yaitu untuk bidang kesehatan kemudian infrastruktur. Kegiatan lainnya, akan dibahas dengan perwakilan Desa (APDESI) dan Dinas PMD Kab/Kota dalam waktu dekat,”kata Virgoyanti.-(red/sud)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *