Kamar Ijo Community Gelar Talk Show Bertajuk Inspiring Heroes : How to Save the Earth

Kamar Ijo Community Gelar Talk Show Bertajuk Inspiring Heroes : How to Save the Earth

Penulis: Osmaleli S.E., M.Si.

Bacaan Lainnya

Bantengate.id, Bogor, Kamar Ijo Community berkolaborasi dengan Komunitas Danau biru dalam mengadakan talk show bertajuk inspiring heroes dengan tema How to Save the Earth. Talk show bertujuan berbagi ilmu dan memberikan wawasan kepada generasi muda dan lapisan masyarakat dalam mendukung SDGs, dan melindungi bumi dari ancaman perubakan iklim. Kegiatan ini dipandu oleh Osmaleli sebagai dosen dari Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), IPB dan Co-Founder Kamar Ijo Community.

Narasumber dalam talk show ini adalah Direktur Blue Forest Indonesia atau Hutan Biru Indonesia, Pak Rio Ahmad. Yayasan Hutan Biru menggunakan pendekatan riset aksi dan proses penyelesaian masalah berdasarkan pada paradigma “local to global to local”. Kami ingin meningkatkan ketahanan social-ekonomi dan ekologi dari sistem daerah aliran sungai yang kritis di seluruh pengunungan hingga laut, ujar Pak Rio. Guna menggapai misi tersebut maka tujuan nya adalah mengenal masyarakat, masalah-masalah lingkungan, karakteristik daerah aliran sungai dan pesisir; memberikan pengalaman praktis dalam penelitian sosial, ekonomi dan ekologi terkait wilayah DAS (Daerah Aliran Sungai) serta pesisir, mempromosikan komunikasi dan pemahaman antarbudaya sehingga dapat menumbuhkan kesadaran konteks global yang berangkat dari isu lingkungan lokal serta pentingnya perspektif budaya dalam memilih strategi pemecahan masalah yang efektif; mengambil tindakan lokal untuk meningkatkan kondisi sosial, ekonomi, ekologi DAS dan pesisir serta masyarakatnya, Direktur Blue Forest, menambahkan.

Sedangkan narasumber kedua, seorang perempuan muda sebagai senior social education lead dari Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP). GIDKP merupakan lembaga non profit berbadan hukum perkumpulan yang telah memperoleh berbagai penghargaan atas upayanya mewujudkan Indonesia Bebas Plastik Sekali Pakai. Dengan melakukan pendekatan  advokasi, kolaborasi, dan edukasi, GIDKP berhasil mendorong lebih dari 70 kota/kabupaten untuk melarang penggunaan plastik sekali pakai, ucap mba Sarah. Berbagai penghargaan yang berhasil diperoleh GIDKP antara lain Anugerah Revolusi Mental dari Pemerintah Indonesia (2019) dan apresiasi UN Ocean Hero 2018 dari PBB. Kegiatan GIDKP juga diliput dalam dua film dokumenter, yaitu The Story of Plastic (2019) yang telah memenangkan Emmy Awards dan Pulau Plastik (2021), tambahnya.

Osmaleli menyimpulkan dari kedua pembicara bahwa hal tersulit dalam mewujudkan segala tujuan yang ingin dicapai oleh Blue Forest dan Indonesia Diet kantong plastik adalah merubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat untuk mengikuti setiap projek yang sudah dirancang dalam mendukung SDGs dan menyelamatkan lingkungan.

Terimakasih kepada seluruh panitia dari Kamar Ijo Community dan Komunitas Danau biru yang sudah meluangkan waktu dan fikiran untuk terwujudnya kegiatan talk show ini dan terimakasih kepada peserta yang sudah antusias mengikuti kegiatan ini sampai akhir. Semoga kita semua semakin mencintai dan peduli dalam melindungi bumi dari kerusakan. Sabtu, 13 Mei, 2023 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *