Kawasan Wisata Carita Dilanda Banjir, Wagub Andika, Perintahkan BPBD Banten Terjunkan Bantuan

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy

SERANG, BANTENGATE.ID–Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, memerintahkan kepada BPBD Provinsi Banten dan OPD terkait untuk segera terjun kelokasi dan memberikan bantuan serta pertolongan kepada warga di wilayah Kecamatan Carita yang  tengah dilanda banjir yang terjadi, Sabtu (19/3/2022).

Bacaan Lainnya

Banjir melanda wilayah Kecamatan Carita seiring dengan hujan turun yang cukup deras sejak Jumat – Sabtu (19/3/2022), sehingga mengakibatkan Bendungan Badudun dan CIbeureum, meluap dan membanjiri sejumlah titik di wilayah Carita, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang. Banjir menyebabkan ratusan rumah penduduk, masjid Caringin, dan jalan raya Labuan – Anyer, tergenang air.

“Kami sudah koordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) agar segera menerjunkan anggotanya untuk melakukan bantuan dan pertolongan pertama yang harus dilakukan,” kata Andika yang dihubungi melalui ponselnya pagi tadi.

Andika mengaku sudah meminta BPBD Banten untuk berkoordinasi dengan Pemda setempat dalam hal ini Pemkab Pandeglang dalam melakukan upaya-upaya penanggulangan bencana di kawasan tersebut.

Menurut Andika, BPBD sudah memiliki prosedur tetap dalam melaksanakan upaya penanggulangan bencana, sehingga dipastikan bantuan akan segera dilakukan dengan koordinasi bersama pihak-pihak terkait di lokasi bencana. “Sampai sekarang Saya masih terus meng-up date perkembangan dari lokasi dari petugas kita yang ada di sana,” kata Andika.

Ditegaskan Andika, dirinya juga sudah meminta Dinas Sosial Provinsi Banten dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten untuk menyiapkan segala sesuatunya sesuai prosedur penanggulangan bencana sebagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) berikutnya yang harus bersiap untuk menangani korban bencana.

“Prinsipnya keselamatan warga adalah prioritas, setelah dipastikan mereka selamat selanjutnya mereka harus dipastikan aman baik kesehatannya maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya,” jelasnya.

Andika meminta kepada warga di wilayah bencana untuk mengikuti arahan-arahan dari petugas berwenang dalam rangka  upaya penyelamatan. Andika berharap tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, seraya meminta warga korban bencana untuk dapat saling menguatkan dan membantu sehingga dapat melewati bencana dengan selamat.

Banjir melanda wilayah Carita, Kabupaten Pandeglang. Banjir disebabkan hujan yang turun sejak pukul 03.30 WIB dini hari, Sabtu (19/3). Hujan deras menyebabkan air dari Bendungan Badudun dan Sungai Cisurog meluap dan membanjiri sejumlah titik di wilayah Carita, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang. Genangan air pun hingga setinggi pinggang orang dewasa.

Sementara Wakil Ketua Tagana Kabupaten Pandeglang,  Eli Supriadi, kepada wartawan menjelaskan, dari sejak hari Jumat (18/3/2022) malam, Tim Tagana  sudah siaga di Mangko Tagana di Caringin.  Menjelang subuh kita sudah informasikan terhadap tim untuk siaga.

Menurut Eli, sesuai dengan monitoring lapangan tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian materil sedang dilakukan pendataan Tim Muspika Carita dan Labuah, BPBD dan relawan lainnya untuk tindak langkah selanjutnya. Tim Tagana dan BPBD juga sudah membuka dapur umum.–(rel/dimas/dadi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *