Ketum DPP KWRI Ozzy Sudiro, Wartawan Harus Menjaga Kedaulatan dan Kemerdekaan Pers

Ketum DPP KWRI Ozzy Sudiro, Wartawan Harus Menjaga Kedaulatan dan Kemerdekaan Pers Bantengate.id

Tangerang, Bantengate.id—Ketua Umum DPP Komite Wartawan Reformasi Indonesia (DPP-KWRI), Ozzy S Sudiro, meminta kepada wartawan untuk menjaga dan memperkuat semangat reformasi kemerdekaan pers dengan tetap menjunjung tinggi kode etik  jurnalistik.

Ozzy, menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan pada acara pelantikan dan pengukuhan DPC KWRI Kabupaten Tangerang, periode 2022-2025 di Ruang Rapat Bola Sundul, GUD, Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, Selasa (7/02/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut Ozzy S Sudiro, wartawan, juga dituntut untuk berani menyuarakan dan melawan kejahatan, kebodohan, kemiskinan serta  ketidakadilan. Wartawan harus  semangat mengembalikan kedaulatan pers yang profesional, bertanggung jawab dan mengacu pada nilai-nilai kebangsaan.Ketum DPP KWRI Ozzy Sudiro, Wartawan Harus Menjaga Kedaulatan dan Kemerdekaan Pers Bantengate.id

“Resep untuk mengembalikan kedaulatan pers tentu harus ada obatnya yaitu; iklim demokrasi yang kondusif, pendidikan dan pelatihan,  dan kesejahteraan wartawan. Pers dituntut untuk mengembalikan semangat juang reformasi agar terwujudnya negara yang demokrasi, sehat dan sejahtera,”kata Ozzy S Sudiro, yang juga Sekjen Majlis Pers.

Ozzy, juga menjelaskan, bahwa oganisasi KWRI didirikan pada tanggal 22 Mei 1998 atau beberapa hari setelah era repormasi.  Organisasi KWRI didirikan dengan semangat mengusung kemerdekaan pers  yang bermartabat. 

Dalam perjalannya,   KWRI bersama 28 organisasi pers  kemudian menginisiasi lahirnya  Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang  Pers. 

“Lahirnya Undang-Undang Nomor 40/1999 tentang Pers, memberkan angin segar dan semangat rekan pers.  Media cetak dan online tumbuh dan berkembang sampai di pelosok daerah. Kemudian, ke-28 Organisasi membentuk Majlis Pers dan mendorong penguatan lembaga Dewan Pers,” kata Ozzy S Sudiro.

Menurut Ozzy Sudiro,  untuk meningkatkan kualitas wawasan dan pemahaman tugas seorang jurnalis, setuju  diadakan  pendidikan dan pelatihan wartawan, terutama wartawan pemula,  sehingga kompetensi  wartawan dapat diandalkan. —(sud)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *