Mayjen TNI (Purn), Tb. Hasanuddin; Berangkatkan Seniman Asal Subang ke Jepang

JAKARTA, Bantengate.id–Kecintaan tokoh Jawa Barat asal Majalengka, Mayjen TNI (Purn) Tb. Hasanuddin, terhadap seni budaya Sunda sudah tak diragukan lagi. Anggota Komisi I DPR RI ini juga berkomitmen untuk mengangkat budaya Sunda agar lebih dikenal dunia.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat adat, pelaku seni dan juga kesenian Budaya Sunda memiliki potensi untuk diangkat dan dikembangkan menjadi tujuan wisata dalam aspek kearifan lokal  Jawa Barat,” kata Tb. Hasanuddin, yang juga sebagai Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sebagaimana di lansir  Pasjabar,  di Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Dikatakan Tb. Hasanuddin,  bahwa peran budayawan dan seniman sudah sangat melekat dengan masyarakat Jawa Barat.  Sebab Jawa Baat ini merupakan salah satu provinsi yang kaya akan budaya dan seni. Oleh karena itu, seni dan budaya Sunda bukan hanya kebanggaan masyarakat Jawa Barat akan tetapi identitas bangsa yang harus terus diperkenalkan kepada dunia luar.

“Bila seni dan budaya Sunda berkembang otomatis kesejahteraan seniman budaya Sunda juga ikut terangkat. Kearifan lokal harus kita angkat, agar dunia tahu bahwa kita punya kelebihan dan keunikan yang tidak dimiliki oleh orang lain,” kata politisi PDI Perjuangan ini

Ditempat terpisah seniman Sunda asal Subang, Pepen Supendi, mendapat kesempatan untuk tampil di Wai Wai World Fair di Jepang, 27 November 2022. Keberangkatan Pepen ke Jepang atas permintaan KBRI di Jepang untuk melatih rampak gendang.

“Awalnya saya berangkat ke Jepang diminta untuk melatih rampak kendang oleh KBRI Jepang. Tapi karena kedatangan saya bertepatan dengan digelarnya Wai Wai World Fair, saya kemudian dilibatkan untuk melatih delegasi dari UPI yang akan tampil. Bahkan saya ikut main juga,” tutur Kang Pepen,  jebolan sarjana ISBI ini saat ditemui di workshopnya di kawasan Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung.

Pepen mengatakan, awalnya tim delegasi yang akan tampil di Wai Wai World Fair hanya akan bermain angklung. Tapi kemudian ditampilkan juga rampak kendang yang merupakan karya seni budaya nasional asal Jabar

“Indoneia memiliki banyak ragam budaya, dan saya mendapat kehormatan untuk memperkenalkan seni budaya  Indonedia yang beragam di luar negeri,” ujarnya.

Pepen mengungkapkan, keberangkatanya ke Jepang merupakan rekomendasi dari anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin yang sangat peduli pada kesenian dan budaya Sunda. Bahkan, karena niat yang sangat kuat untuk melestarikan adat dan budaya termasuk pelaku seni Sunda, TB Hasanuddin mendirikan Yayasan Wilasantana Talaga Manggung yang menaungi Bale Budaya Parahyangan.

“Saya sangat berterimakasih pada Pak TB Hasanuddin yang memberi kesempatan pada saya untuk memperkenalkan  rampak kendang ke Jepang dan juga atas perhatiannya yang sangat besar pada seni dan budaya Sunda,” kata Pepen.–(red/dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *