Meriah…!, Halal Bihalal Sunda Ngahiji Gelar Pertunjukan Debus Banten dan Sisingaan

Meriah...!, Halal Bihalal Sunda Ngahiji Gelar Pertunjukan Debus Banten dan Sisingaan

BATAM, BANTEN GATE.ID – Paguyuban Kasundaan kota Batam menggelar Halal Bihalal Sunda Ngahiji di Pantai Marina Sekupang, Pangumbaran Batam, Minggu (14/05/2023).

Bacaan Lainnya

Pertunjukan Debus dan Sisingaan yang merupakan Kesenian khas tanah Pasundan dan Jawa Barat turut memeriahkan acara yang diinisiasi Viking Batam yang didukung oleh Djarum Coklat bersama para Paguyuban Kasundaan yang ada di kota Batam tersebut.

Stand kuliner khas Sunda, makanan dan minuman khas tanah Sunda seperti batagor, siomay, kerak telor, karedok, dan makanan serta minuman lainnya juga yang tampak di lokasi turut menghiasi jalannya acara.

Nyanyang Harris Pratamura selaku sesepuh Sunda Ngahiji dalam sambutannya mengatakan, pihaknya merasa sangat bersyukur dapat berkumpul dan bertemu dengan para paguyuban Kasundaan yang ada di Pulau Batam dalam acara Halal Bihalal Urang Sunda setelah selama selang beberapa tahun kemarin tidak bisa berjumpa untuk bersilaturahmi lantaran Pandemi COVID 19.

“Alhamdulillah kita bisa berkumpul dalam acara halal bihalal Urang Sunda, selama kita dalam beberapa tahun kemarin kita tidak bisa jumpa, silahturahmi dan ini lah kita hari ini bisa bertemu kembali dalam acara halal bihalal kumpul sesama urang Sunda di perantauan Kota Batam,” katanya.

“Urang Sunda harus bersatu dan tetap guyub, kita kesampingkan status sosial kita, jadikan Sunda Ngahiji dengan kesatuan. Disini ada sesepuh kita urang Sunda yang selalu mendoakan kita, untuk kemajuan dan paguyuban urang Sunda yang ada di perantauan,” sambungnya.

Ia juga turut menyampaikan, jika terdapat beberapa orang sunda yang gabung di paguyuban Kasundaan ini akan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dalam Pemilu 2024 mendatang, diantaranya, Kang Usep Rahmat Saefullah untuk Caleg DPR RI, Kang Wahyu Wahyudin asal Sukabumi calon DPRD dapil lima, dari tanah Pasundan. Selain itu kata ia, ada juga untuk Dapil Lima Batu Aji Batam yaitu teh Nining Kairah yang akan maju mewakili perempuan Pasundan, dan kang Hadis dapil dua Bengkong, Batu Ampar.

“Terus ada juga kang Warya, kang HM Rudi yang siap akan menjadi wakil rakyat. Dan untuk para calon wakil rakyat asal Pasundan jangan lupa silahturahmi dan minta doanya kepada para sesepuh Sunda, semoga urang Sunda terpilih menjadi wakil rakyat di dapil masing-masing,” ucapnya.

“Semoga dengan doa bersama diberikan kemudahan dan kelancaran. Saya ucapkan terimakasih kepada kang Arga Viking Batam yang berinisiatif dengan halal bihalal ini,” ppungkanya.

Sementara, Ustadz Asep Rabbani, Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Robbani dalam tausiyah singkat nya di acara tersebut menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Ia berhatap, melalui halal bihalal ini dapat meningkatkan dan mempererat tali silaturahmi dan komunikasi diantara sesama paguyuban Kasundaan yang ada di Batam.

“Semoga melalui halal bihalal ini urang Sunda Ngahiji semuanya yang ada di perantauan ini dapat bersatu. Saya bangga kepada kang Nopi, kang Arga yang telah bersama-sama mengadakan kegiatan halal bihalal ini, semoga barokah dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” tuturnya.

“Mari kita urang Sunda menjadikan perubahan yang punya inovasi, insya Allah orang Sunda tidak akan tinggal diam, urang Sunda membawa perubahan untuk kota Batam yang sungguh-sungguh menyatukan visi dan misi kita, urang Sunda sukses urusan negara dan agama,” lanjutnya.

Terpisah, Ketua harian PP Batam, Nining Kairah dalam keterangan pers nya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua urang Sunda di perantauan. Dirinya berharap, acara ini dapat menjadikan ajang silaturahmi, serta urang Sunda yang ada Batam tetap solid dan guyub.

Acara halal bihalal dilanjutkan dengan balakecrakan botraman, atau makan bersama-sama sambil dihibur oleh kesenian khas Subang, yaitu Sisingaan dan seni beladiri Debus dari Tboban dan Punwaten Batam.

Turut hadir dalam acara halal bihalal Sunda Ngahiji, Kang Usep RS dari paguyuban Bandung Raya, Kang Deden Sirajuddin ASMI (Asal Sukabumi) Batam, Kang Nopianto pembina Viking Batam, kang Arga ketua Viking Batam, kang Deden Iwan Sukma, KB AMS Kepri, Kesti Batam.

Hadir juga Kang Dede Suparman ketua PP (Paguyuban Pasundan) Kepri, Kang Andri Nurohman Ketua PP Batam, Kang HM Rudi (DPRD) , Kang Nyanyang Harris Pratamura, ketua Asgar Batam, Abah Budi Yusa Tboban, sesepuh Banten, kang Gunawan Puwnten Batam, Kang Elang Sutalaksana Pakuwangi Batam, Kang Jamaludin Paguyuban Indramayu, kang Jefri paguyuban Bajigur, kang Dadang Askun (Asal Kuningan) Batam, Fokus Batam. ***(red.)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *