Pantai Citarate, Destinasi Wisata di Banten Selatan

Lebak, Bantengate.id– Destinasi wisata Pantai Citarate, Desa Cireundeu, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak,  kini semakin cantik setelah selesai di tata Dinas Pariwisata Provinsi Banten. Pantai ini tak hanya menyuguhkan keindahan alam  dan ombak pantai yang tenang, juga  terdapat  muara Sungai Citarate yang di kelilingi areal pesawahan dan kebun Kelapa.

Bacaan Lainnya
Jembatan Kebahagiaan, di Pantai Citarate, Banten Selatan.-

Kepala Desa Cireundeu, Herdiana. ST, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Provinsi Banten, yang sudah melakukan penataan destinasi wisata Pantai Citarate, sehingga menjadi sebuah destinasi wisata dan mampu mendongkrak perekonomian warga.

Pantai Citarate berada di ujung Selatan Banten dan berbatasan dengan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, dikelola oleh BumDes Tirta Kahirupan Cireundeu. Pada liburan  akhir tahun 2022 lalu, jumlah pengunjung mencapai ribuan orang. Para wisatawan lokal tersebut datang dari wilayah Jawa Barat dan Jakarta, kata Kades Herdiana, Sabtu (7/01/2023).

Camat Cilograng, Hendi Suhendi, mengatakan, di wilayah Kecamatan Cilograng terdapat destinasi wisata lainnya, yaitu; Curug Kanteh di Kampung Cihideung Desa Cikatomas. Para wisatawan dapat menikmati suasana alam pedesaan dan suara gemuruh air terjun dari ketinggian bukit.

Destinasi wisata lain adalah Pantai Muara Cibareno, di Desa Cibareno. Pantai ini terletak diperbatasan antara Provinsi Banten dan Provinsi  Jawa Barat. Pantai Muara Cibareno memiliki keunikan tersendiri. Di pantai ini terdapat pohon kelapa yang tumbuh subur dan berjajar rapih, sehingga memberikan nuansa tersendiri dan kesejukan bagi wisatawan.
Sementara Direktur Bumdes Desa Cireundeu, Jumarta,  mengatakan, launching Pantai Citarate  sebagai destinasi wisata di Kabupaten Lebak, Banten, pada bulan Desember 2022 lalu. Destinasi wisata pantai Citarate merupakan tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga. Pantainya landai, putih dan bersih serta  ombaknya tenang.
Para wisatawan dapat menikmati deburan ombak. Jika laut  sedang surut, para pengunjung bisa berfoto di bebatuan dengan background laut lepas.  Sementara bagi yang mau selfie  bisa di Jembatan Warna, karena memang di cat dengan aneka warna. Jembatan itu, disebut juga dengan Jembatan Kebahagiaan.  Para pengunjung, juga bisa selfie di atas puncak  Gunung Leutik. Di area ini terdapat tempat duduk dari batu alam khas dan  beberapa gazebo, gratis.

Menuju destinasi wisata Pantai Citarate, dari Ibukota Jakarta dapat ditempuh sekitar 5-6 jam dan keluar di pintu Tol Rangkasbitung. Perjalanan dilanjutkan melalui route Jalan Gunungkencana-Malingping-Panggarangan-Bayah-Cilograng.

Sementara  Kang Dadang dan Neng Wiwin, wisatawan asal Cibiru, Bandung, mengaku  senang sekali berkunjung ke area wisata Pantai Citarate. Selain pemandangannya yang indah, ombaknya juga tergolong tenang. Selain itu, ada area untuk mandi dan berenang bagi anak anak dengan sarana prasarana serta berbagai fasilitas yang lengkap dengan tarif murah.–(sud/dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *