Peduli Lingkungan, Sudirman Indra (Koh Acin) Bersama Warga Bersihkan Area Sungai

Peduli Lingkungan, Koh Acin Bersama Warga Bersihkan Area Sungai

Bantengate.id, Tangerang, Sudirman Indra biasa disapa koh Acin gotong royong dengan beberapa warga sekitar bersihkan sungai Tanggul di belakang perumahan Triraksa Village 2 Perbatasan Desa Munjul dengan Desa Pete, Selasa (19/09/23).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya Sudirman Indra sang penggagas Bank Air pernah menerapkan metode ini di perumahan Batara Village, Desa Cikasungka Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Menurutnya, konsep ini sangat bermanfaat, karena di Triraksa Village 2 sudah banyak warga yang menikmati hasil dari konsep ini.

Kurang lebih 40 KK di Perumahan Triraksa Village 2 sudah menerapkan konsep Bank Air.

Baca Juga Sudirman Indra, Warga Tangerang Penemu Bank Air

“Banyak warga  menikmati manfaat dari konsep ini, dimana pada saat musim kemarau tidak mengeluh karena langkanya pasokan air,”  ungkap Sudirman Indra yang akrab disapa Koh Acin ini.

Dia menambahkan, saat kemarau ini banyak warga yang kekurangan air bersih, bahkan pemerintah setempat perlu mengirim air menggunakan truk tangki untuk memenuhi kebutuhan warga perumahan.

Namun persoalan sampah seperti tidak ada habisnya, Koh Acin langsung berinisiatif mengadakan gotong royong bersama warga untuk  membersihkan sampah bekas penebangan bambu dan sampah rumah tangga yang mengendap di area sungai.

“Kita sebagai warga harus peka dan empati terhadap lingkungan, terutama sungai jangan dibiarkan kotor dan penuh dengan sampah, padahal air sungai bisa kita manfaatkan sebagai kebutuhan air sehari-hari jika paham bagaimana mengolahnya”, katanya.

Andi, salah satu warga sangat mengapresiasi giat bersih sungai ini.

“Meskipun dengan alat yang sederhana, action diperlukan dikonsisi saat ini yang banyak musibah terjadi dimana-mana, sungai yang bersih dan asri tentunya harapan kita semua, sebagai manusia yang bisa menjaga lingkungan”, tutup Andi. (renaldi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *