Pemkab.Tangerang, Gelar Kegiatan Peringatan HUT Ke-52 Korpri, HUT ke-78 PGRI, Hari Kesehatan ke-59 dan Hari Guru dengan Donor Darah dan Bhakti Sosial

Pemkab.Tangerang, Gelar Kegiatan Peringatan HUT Ke-52 Korpri, HUT ke-78 PGRI, Hari Kesehatan ke-59 dan Hari Guru dengan Donor Darah dan Bhakti Sosial

Tangerang,Bantengate.id– Puncak peringatan HUT ke-52 KORPI, HUT ke-78 PGRI, Hari Kesehatan ke-59, dan HUT PGRI, Tingkat Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, dimeriahkan dengan kegiatan bhakti sosial donor darah, jalan santai dan tebus 1.000 paket sembako harga murah, yang dipusatkan di GSG Puspemkab. Tangerang, Tigaraksa, Kamis (7/12/2023).

Bacaan Lainnya

Sekda Kabupaten Tangerang, Drs. Moch. Maesyal Rasyid,  mengatakan, rangkaian kegiatan memperingati Milad HUT ke-52 KORPI, HUT ke-78 PGRI, Hari Kesehatan ke-59, dan Hari Guru (PGRI)Hari Kesehatan Nasional ke-59, dilaksanaan secara terpadu dalam upaya menciptakan sinergitas seluruh komponen.

“Hari ini Pak Pj. Bupati Tangerang, Andi Ony, bersama lebih dari 150 orang mendonorkan darah untuk kemanusiaan. Ini sangat membanggakan dan menjadi tauladan, sebagai wujud kepedulian kemanusiaan.  Setetes darah  sangat bermanfaat dan menyelamatkan manusia,”kata Sekda yang akrab di sapa Bang Rudy.

Pekan donor darah sebagai rangkaian HUT Korpri ke-52 tahun, yang berasal dari anggota KORPRI cukup banyak. ASN mengabdi untuk negeri, dan mendonorkan darahnya untuk menyelamatkan jiwa manusia,” kata Maesyal Rasyid, yang juga  Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Tangerang.

Berdasarkan catatan World Health Organization, kebutuhan darah di suatu negara itu sekitar dua persen dari jumlah penduduk. Indonesia dengan jumlah penduduk 280 juta jiwa,  yang membutuhkan darah lebih dari 5 juta kantong.  Oleh sebab itu, seluruh aparatur pemerintah diharapkan dapat berkontribusi mendonorkan darahnya sebagai salah bagian melayani masyarakat.

“Ayo Korpri melayani, berkontribusi dan berinovasi untuk negeri. Setetes darah kita menyelamatkan jiwa manusia,” kata Bang Rudy.

Selain pekan donor darah, anggota KORPRI Kabupaten Tangerang, juga peduli kepada masyarakat dengan layanan mobil ambulance, mobil jenazah, hingga Klinik Korpri yang melayani masyarakat dalam membutuhkan obat dan perawatan kesehatan.  Sementara di sektor pendidikan Korpri juga menyelenggarakan layanan pendidikan setingkat SMP dan SMA di Kecamatan Tigaraksa, sebagai implementasi dalam ikut mencerdaskan generasi anak bangsa.

Sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada para purna bakti yang telah mendedikasikan seluruh tenaga dan pikirannya dalam membangun Kabupaten Tangerang, KORPRI Kabupaten Tangerang, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, menggelar senam bersama dan pemeriksaan kesehatan bagi para lansia, pensiunan Pemkab Tangerang, pada Hari Kesehatan Nasional Ke-59 di Pendopo Bupati Tangerang, Jalan Kisamaun Kota Tangerang, akhir November 2023 lalu.

Melalui kegiatan tersebut Sekda berharap para lansia, purna bakti Pemkab Tangerang bisa saling bertatap muka kembali, bersilahturahmi dan mengenang masa-masa yang sulit dilupakan. Tak kalah penting lanjut dia adalah para lansia bisa ceria dan bahagia serta tetap mampu memberikan sumbangsih dan pengalamannya untuk pembangunan.

“Lansia di Kabupaten Tangerang harus tetap ceria, sehat, bugar dan energik. Setelah purna tugas masih pun dapat memberikan sumbangsih dan pemikirannya serta pengalamannya dalam pembangunan Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Kepedulian lainya adalah, memberikan bantuan kepada masyarakat dengan pangan murah dan saat ini dari aspek kesehatan kita memberikan paket PMT, sembako kepada ibu hamil dan balita.

“Kepada seluruh peserta yang hadir, baik yang dari dunia kesehatan, RSUD, rumah sakit dan juga pimpinan Puskesmas, jangan pernah lelah melayani kesehatan untuk kepentingan kesehatan masyarakat,” kata Rudy.

Ketua forum Pensiunan Pemkab Tangerang, Ilham Khoir, mengungkapkan kegiatan senam bersama dan pemeriksaan kesehatan bagi para pensiunan tersebut menjadi ajang silaturahmi dan temu kangen. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Tangerangyang senantiasa peduli dan memperhatikan para pensiunan Pemkab Tangerang.

“Silaturahmi merupakan obat bagi para lansia. Pengetahuan kesehatan dan melakukan aktivitas senam bersama yang kita lakukan hari ini memberikan energi positif bagi kami, rekan kerja terdahulu,” ucapnya bahagia.

Sebelumnya,  Pj. Bupati Tangerang Andi Ony, melepas  kegiatan gerak jalan santai memerihakan milad HUT Korpri dan sekitar 1000 paket bahan pokok senilai Rp. 150.000 dijual seharga Rp. 50.000 rupiah kepada masyarakat.

”Seluruh ASN bersatu padu dan bergandengan untuk membantu program pemerintah mengurangi dampak inflasi serta mengurangi stunting yang  di Kabupaten Tangerang”, kata Andi Ony.

Andi Ony sangat mengapresiasi seluruh ASN dalam kegiatan  jalan santai, bazar sembako murah,  sebagai wjud kepedulian dan diharapkan dapat meningkatkan peran para guru dan tenaga kesehatan terhadap tugas dan fungsinya sebagai abdi negara sekaligus juga sebagai abdi masyarakat.

Dalam penanganan stunting, Pemkab Tangerang, akan terus melaksanakan penanganan persoalan tersebut seiring dengan upaya pengentasan kemiskinan secara menyeluruh yang akan dilaksanakan di Kecamatan Mauk bersama seluruh OPD.–(****)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *