Pemprov Banten Dukung Penuh Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Pemprov Banten, Dukung Penuh Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Serang, Bantengate.id–Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar, menegaskan, Pemerintah Provinsi Banten mendukung penuh Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBWI).

Bacaan Lainnya

Pj. Gubernur Banten, Al Muktabar, mengemukakan hal tersebut, saat menerima kunjungan Deputi Menko Marves (Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi) terkait agenda;”Bangga Produk Buatan Indonesia”, yang implementasinya melalui kegiatan Kick Off Gernas BBI dan BBWI di Provinsi Banten pada awal Februari 2023, di kantor Gubernur Banten, KP3B, Serang, Jumat (27/01/2023).

Menurut Al Muktabar, khusus dengan Bangga Buatan Indonesia atau sering kita implementasikan dalam TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) hingga akhir Desember 2022 mencapai 41% dari yang ditargetkan 40%. Salah satu motor penggerak Bangga Buatan Indonesia adalah birokrasi berdampak melalui pola kerja tematik komprehensif integral.

“Semua bisa tertuju ke sana, stakeholder (para pemangku kepentingan, red) ikut ke arah sana. Sehingga kita bisa benar-benar fokus tematik,” tambah Al Muktabar.

Dijelaskan, melalui pendekatan tematik, Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia saja menjadi lokomotif pelaksanaan penugasan/mandatory Presiden dalam pengendalian inflasi, penanganan stunting dan gizi buruk, serta penanganan kemiskinan ekstrem.

Melalui pendekatan tematik ini, lanjut Al Muktabar, birokrasi bisa menjadi pendorong terhadap kesadaran masyarakat untuk Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia.

Deputi Koordinasi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo RM Manuhutu, mengatakan, Provinsi Banten dipilih karena ekonominya bertumbuh baik, industri dan UMKM cukup besar, serta dekat dengan Jakarta.

“Dengan industri yang besar itu menunjukkan Provinsi Banten memiliki kapasitas untuk memproduksi barang-barang yang dibutuhkan bukan hanya oleh Provinsi Banten tapi daerah lainnya,” ungkapnya

“Gerakan Nasional BBI dan BBWI dengan komando Pak Penjabat Gubernur Banten dan Pak Penjabat Sekda, bisa memberikan dampak perekonomian. Harapannya perekonomian bisa tumbuh di atas 5% untuk tahun ini,” tambah Odo.--(rel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *