Pemprov Banten Wujudkan Kemandirian Fiskal Melalui Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah

Pemprov Banten Wujudkan Kemandirian Fiskal Melalui Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah

Serang, Bantengate.id–Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten, menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Pelayanan dan Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Provinsi Banten,  dalam upaya optimalisasi Kemandirian Fiskal melalui Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) , di Aula Rembang, Bapenda Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang, Kamis, (14/12/2023).

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Bapenda Provinsi Banten, Deni Hermawan, menyampaikan, pengoptimalan pelayanan dan penerimaan pajak di Provinsi Banten ini mampu dimaksimalkan dari segala komponen. Aksi tersebut dinilai mampu meningkatkan pendapatan daerah secara masif.

“Optimalisasi pendapatan intinya bukan hanya Bapenda yang bergerak. Namun di dukung dengan kapasitas dan fungsi dari OPD lain  secara sinergi,  saling mendukung dan melengkapi,” kata Deni.

Deni Hermawan, mengatakan, target Pendapatan Daerah Provinsi Banten pada tahun 2023 sebesar Rp 12,062 triliun, yang bersumber dari;  Rp 8.877 triliun berasal dari Pajak Asli Daerah (PAD), dan sisanya bersumber dari Retribusi Daerah, Pendapatan Transfer dan Pendapatan lain-lain yang sah.

“Untuk terwujudnya optimalisasi pendapatan daerah, dapat diimplementasikan melalui kolaborasi antar OPD sesuai tugas dan pungsinya.  BKD, misalnya, menyiapkan data pegawai yang memiliki wajib pajak, Diskominfo,  melayani masyarakat melalui pelayanan digital  seperti penggunaan aplikasi pajak, serta OPD lain yang saling bahu membahu melakukan manajemen supaya pendapatan menjadi meningkat,”jelas Deni.

Deni Hermawan dalam kesempatan tersebut menekankan pentingnya membangun sinergitas dan optimalisasi teknologi. Oleh karena hal tersebut memberikan kemudahan untuk terus berusaha serta berinovasi demi kemudahan layanan masyarakat.

Saat ini,  kita juga telah berinovasi dalam upaya peningkatan pendapatan daerah dengan beberapa layanan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu penggunaan TIK dalam pengoptimalan pendapatan daerah diantaranya melalui https://infopkb.bantenprov.go.id/p_infopkb.php.  Melalui link ini, masyarakat dapat mengetahui pajak yang wajib dibayarkan.

“Kolaborasi yang telah dibangun bersama seluruh OPD ini, diharapkan mampu menciptakan sekaligus menjaga stabilitas pendapatan daerah dan mampu menjawab sertamencermati isu lokal, global, maupun nasional,”kata Deni Hermawan.--(ridwan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *