Pentingnya Peran KPPS Dalam Pemilu 2024

Pentingnya Peran KPPS Dalam Pemilu 2024

 

Bacaan Lainnya

Oleh, Muhamad Nafi Maulana Abdullah

SEBAGAI negara demokrasi, pemilu amatlah penting bagi warga Negara Indonesia sebagai sarana untuk memilih pemimpin yang berkualitas dan berintegritas dan ikut menentukan figure dan arah kepemimpinan negara dalam periode waktu tertentu. Ide demokrasi yang menyebutkan bahwa dasar penyelenggaraan negara adalah kehendak rakyat merupakan dasar bagi penyelenggaraan pemilu. Pemilu dilaksanakan secara serentak lima tahun sekali untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sebagaimana amanat UU nomor 7 Tahun 2017 pasal 167 ayat 1 dan 3 yang berbunyi “Pemilu dilaksanakan setiap 5 (lima) tahu sekali.

Pemungutan suara dilaksanakan secara serentak pada hari libur atau hari yang diliburkan secara nasional. Ketika demokrasi mendapatkan perhatian yang luas, penyelenggaraan pemilu yang demokratis menjadi syarat penting dalam pembentukan kepemimpinan sebuah negara. Peran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sangat penting dalam pemilu karena mereka merupakan bagian integral dari proses demokratisasi dan elemen utama yang menjalankan proses pemungutan suara di tingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara). Adapun peran KPPS dalam pemilu antara lain :
1. Penjaminan Keberlangsungan Demokrasi
2. Melaksanakan Pemungutan dan penghitungan Suara
3. Memastikan Integritas Pemilu
4. Penanganan Masalah dan Konflik
5. Perlindungan Hak Pilih

KPPS bertanggung jawab untuk mengorganisir pemungutan suara dan memastikan bahwa proses pemilu berjalan dengan baik, untuk mengorganisir dan memfasilitasi proses pemungutan suara, yang merupakan inti dari pemilu. Mereka memastikan bahwa pemilih memiliki akses untuk memberikan suara mereka dengan rahasia dan aman. KPPS harus menjalankan tugas mereka dengan integritas dan netralitas. Mereka memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa pemilu berlangsung dengan jujur dan adil, menghitung suara dengan cermat dan mencatat hasilnya. Kemampuan mereka untuk melakukan penghitungan yang akurat sangat penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap hasil pemilu serta memastikan bahwa pemilih tidak mengalami tekanan atau intimidasi yang dapat mengganggu pemilihan mereka.

KPPS seringkali harus menghadapi situasi darurat atau konflik selama pemilu, seperti gangguan keamanan atau masalah teknis. Kemampuan mereka dalam menangani masalah ini dengan baik sangat penting untuk kelancaran pemilu. Agar sumber daya manusia (SDM) KPPS dapat maksimal dalam melaksanakan pemilu, diperlukan pelatihan yang intensif, pemahaman yang jelas tentang peraturan, kesejahteraan anggota KPPS, komunikasi yang efektif dan penghargaan dan pengakuan. Maksimalnya sumber daya manusia KPPS memerlukan persiapan yang matang, pelatihan yang baik, dan dukungan yang berkelanjutan. Hal ini akan membantu menjaga integritas pemilu dan memastikan bahwa pemilih memiliki kepercayaan penuh terhadap hasilnya.

Oleh karena itu peran KPPS sangatlah penting dan merupakan salah satu elemen kunci dalam menjalankan pemilu yang demokratis dan adil. Mereka harus menjalankan tugas-tugas mereka dengan baik agar pemilu berjalan dengan lancar dan hasilnya dapat diterima oleh masyarakat serta ikut andil dalam memastikan warga negara memiliki hak untuk memilih wakil-wakil mereka dalam pemerintahan.–(***)

*).Muhamad Nafi Maulana Abdullah, adalah Pengurus MD KAHMI Kabupaten Serang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *