Perawan Ting-Ting: Puskesmas Salembaran Jaya Giatkan Tes IVA Keliling untuk Deteksi Dini Kanker Serviks di Kosambi

Perawan Ting-Ting: Puskesmas Salembaran Jaya Giatkan Tes IVA Keliling untuk Deteksi Dini Kanker Serviks di Kosambi

Bantengate.id. Tamgerang,- Kanker leher rahim atau kanker serviks menjadi ancaman serius bagi kaum perempuan, dan Puskesmas Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi, mengambil langkah proaktif dalam pencegahan. Melalui program “Perawan Ting-Ting” (Periksa Rahim Wanita dengan Tes IVA Keliling), Puskesmas tersebut melaksanakan tes deteksi dini menggunakan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Bacaan Lainnya

Mulyadi, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Salembaran Jaya, menjelaskan bahwa program ini dirancang untuk mencegah kasus kanker serviks di wilayahnya. Tes IVA Keliling dilaksanakan di seluruh desa di bawah naungan Puskesmas Salembaran Jaya, dengan harapan masyarakat perempuan dapat lebih peduli terhadap kesehatan mereka.

“Ini adalah upaya kita untuk meningkatkan partisipasi dalam Tes IVA, serta mendeteksi dini kanker serviks pada perempuan,” ujar Mulyadi. Program ini menjadi inovasi sebagai respons terhadap rendahnya partisipasi dalam Tes IVA di Puskesmas Salembaran Jaya.

Petugas pemeriksa dari puskesmas turun langsung ke rumah-rumah warga untuk melakukan Tes IVA kepada para perempuan. Sebelum pemeriksaan dilakukan, petugas juga memberikan edukasi tentang pentingnya Tes IVA dan memberikan pengetahuan tentang pencegahan kanker payudara. Program “Perawan Ting-Ting” diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam melawan kanker serviks di wilayah tersebut. (dimas/ikp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *