Pj Sekda Banten M Tranggono : Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkatkan Kualitas Iman dan Taqwa

kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H. di Masjid Agung Banten, Kawasan Banten Lama, Kasemen, Kota Serang – Foto: Dokumentasi.

Serang, Banten Gate.id –
Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten M Tranggono mengatakan, momentum Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat dijadikan penggugah untuk meneladani perilaku Rasulullah SAW, sehingga tercermin sikap dan perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan Lainnya

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang dilaksanakan pada hari ini sangat bernilai positif guna mendorong peningkatan kualitas iman dan taqwa kita semua,” ungkap M Tranggono dalam sambutannya pada kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H yang diselenggarakan di Masjid Agung Banten, Kawasan Banten Lama, Kasemen, Kota Serang, Jumat malam (7/10/2020).

Menurutnya, meneladani Nabi Muhammad SAW dalam berbagai aktivitas positif dapat dilakukan denganĀ  mempelajari, memahami, menghayati serta mengamalkan ajaran-ajaran yang disampaikan oleh Rasulullah.

“Hal yang patut diteladani adalah sifat-sifat beliau yang begitu mulia, yaitu Siddiq, Amanah, Tabligh, serta Fathonah. Sifat-sifat tersebut harus dijadikan sebagai pijakan untuk mencapai kebahagiaan yang seutuhnya, baik duniawi dan ukhrawi,” katanya.

Selain itu ia mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga merupakan salah satu momentum untuk memperkuat tali persaudaraan diantara sesama umat Islam, baik itu persaudaraan atas dasar kesamaan bangsa maupun persaudaraan antar sesama manusia.

“Sehingga terbina persatuan dan kesatuan nasional sebagai modal dasar bagi bangsa dan negara Indonesia dalam menata kehidupan yang lebih baik, secara material dan spiritual,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia berpesan agar masyarakat untuk dapat bersama-sama meneladani sikap, pemikiran, dan perilaku Rasulullah SAW dimana kata ia, setidaknya terdapat dua hal yang penting untuk dapat diingat bersama, yaitu Nabi Muhammad SAW mengajak dan membimbing umatnya untuk menjalankan hal-hal yang benar dengan memberikan contoh dari perbuatannya, serta selalu gigih dan tegas untuk melawan perilaku-perilaku yang dapat merusak.

“Oleh karena itu, seluruh masyarakat agar selalu merujuk pada teladan agung yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Tranggono juga menyebutkan, peninggalan Kesultanan Banten sebagai cagar budaya sangat potensial. Karenanya itu, revitalisasi Kawasan Banten Lama menjadi salah satu program strategis Pemerintah Provinsi Banten.

Sementara, Ketua Panitia Tb. A. Faisal Abbas menyampaikan, terdapat beberapa bentuk tujuan dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, diantaranya, mensyukuri segala bentuk nikmat yang diberikan Allah SWT, bergembira dalam mengenang Kelahiran Nabi Muhammad SAW, untuk mengikuti keteladanan Nabi Muhammad SAW, serta menggali keilmuan dan akidah ajaran agama Islam.

“Banyak hikmah yang dapat diambil dari Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga kita dapat mengambil semua hikmah tersebut,” pungkasnya. ***(red.)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *