PKL Balong Rancalentah Lebak Kompak Bersihkan Sampah

Bantengate.id, Lebak, Kelompok pedagang kaki lima Balong Rancalentah Rangkasbitung, kompak melakukan kerja bakti membersihkan sampah di area tempat mereka berjualan Selasa (17/01/2023). Kegiatan ini sebagai bagian sosialisasi pentingnya kebersihan dan upaya pedagang mengedukasi para pengunjung dan pembeli.

Bacaan Lainnya

Menurut Ketua PKL Balong, Saprudin yang akrab disapa Apu, menuturkan kegiatan ini sudah berlangsung lama dan menjadi rutinitas kami. Sebanyak 20 pedagang terlibat dalam kegiatan kerja bakti dan murni dilakukan berdasarkan inisiatif para pedagang. Adapun himbauan berbentuk edukasi kepada para pengunjung dan spanduk yang dipasang dilokasi strategis agar terbaca.

PKL Balong Rancalentah Lebak Kompak Bersihkan Sampah
Kondisi tong sampah rusak dan tidak terawat, (foto bantengate)

“Dilema yang kami alami adalah tingkat kesadaran masyarakat yang berkunjung ke Balong Rancalentah untuk membuang sampah pada tempatnya belum sesuai harapan. Adanya tong sampah yang disediakan pun tak luput dari aksi vandalisme pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga rusak dan tidak terawat, ” ungkap Saprudin.

Lanjut Saprudin, ada sekitar 10 tong sampah yang disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak kini kondisinya rusak dan tidak terawat. “Memang diakui untuk tong sampah yang disediakan bukanlah ukuran yang besar, namun seyogyanya tong sampah dirawat secara bersama-sama, ini yang ada pada rusak, kami pedagang sangat prihatin”.

Saprudin menambahkan, kebersihan di area Balong Rancalentah menjadi tanggung jawab bersama. Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat, agar tidak membuang sampah ke air balong.

“Kalau dari masyarakatnya sendiri masih membuang sampah sembangaran, bagaimana balong Rancalentah jadi tempat wisata favorit pengjunjung jika kumuh dan banyak sampah, ayolah jangan keenakan mengandalkan petugas kebersihan,” ucapnya. – (sofyan/dms).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *