Raker FK-Bursa Kerja Kab. Tangerang, Dengan Dunia Usaha & Industri di Kampus UNTARA.

Raker FK-Bursa Kerja Kab. Tangerang, Dengan Dunia Usaha & Industri di Kampus UNTARA. Bantengate.id
Raker FK-Bursa Kerja Kab. Tangerang, Dengan Dunia Usaha & Industri di Kampus UNTARA. Bantengate.id
Raker dan MoU FK-BKK Kabupaten Tangerang, dengan seluruh sekolah SMK Negeri dan SMK Swasta Se-Kabupaten Tangerang, di Kampus UNTARA

BANTENGATE.ID, TANGERANG:– Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus Kabupaten Tangerang menggelar rapat kerja dan MoU dengan seluruh sekolah SMK Negeri dan SMK Swasta Se Kabupaten Tangerang. Rapat kerja dilaksanakan di Aula Universitas Tangerang Raya, Senin (12/4/2021).

Ketua FKBKK Kabupaten Tangerang, Aan Angsori M.Pd memaparkan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), merupakan salah satu komponen pelaksanaan pendidikan sistem ganda. Dimana pihak sekolah atau yayasan membangun hubungan kerja sama dengan perusahaan atau industri tertentu.

Bacaan Lainnya

Hal itu untuk memberikan kesempatan kepada peserta didiknya dalam mengembangkan disiplin ilmu atau keahliannya. Karena tidak mungkin bisa dilaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada kompetensi jika tidak ada sinergitas antara pihak industri/usaha kerja dengan pihak sekolah.

Sebagai lingkungan kerja dimana siswa belajar keahlian dan profesional sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan dunia kerja.

“Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  sebagai sub-sistem pendidikan nasional yang bertanggungjawab dalam menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) tingkat menengah yang handal. Memiliki etos kerja yang tinggi serta berintegritas dan berorientasi kepada kebutuhan pasar. Harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja,” kata Aang Angsori.

Idealnya para lulusan sekolah menengah kejuruan yang sudah memiliki keahlian atau kemampuan yang sudah mumpuni dibidangnya dapat diserap langsung oleh dunia kerja. Namun, para lulusan tersebut diperhadapkan  dengan sempitnya ruang informasi yang mereka peroleh.  Selain itu, ditambah lagi dengan semakin ketatnya persaingan dengan pengangguran lain yang ada diluar Kabupaten Tangerang yang mencoba masuk mengadu nasib di Kabupaten Tangerang.

Tentu hal ini akan berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran di Kabupaten Tangerang khususnya tamatan SMK yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, sehingga perlu dicarikan solusi yang tepat.

“Oleh karenanya, kehadiran FKBKK, merupakan suatu organisasi struktural tingkat Kabupaten yang dibentuk oleh beberapa sekolah yang sudah memiliki organisasi BKK Intrasekolah. Baik sekolah swasta maupun negeri, dengan legalitas Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Keberadaannya guna membantu menyalurkan dan menempatkan lulusan sekolah untuk memasuki dunia kerja sekaligus juga sebagai sumber informasi untuk pencari kerja,” tegas Aang.

Ketua Pelaksana MoU dan Rker, Sri Suprapti S.Pd,  menambahkan, Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus (FKBKK) Kabupaten Tangerang, yang diprakarsai oleh beberapa Sekolah Menengah Kejuruan ini, hadir sebagai fasilitator yang bertujuan memberikan pelayanan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja dari setiap lulusan SMK khususnya yang ada di Kabupaten Tangerang.

Selain itu, Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus (FKBKK) Kabupaten Tangerang ini juga akan berupaya memberikan penyuluhan dan bimbingan karir/jabatan kepada para lulusan sebelum terjun kedalam dunia kerja.

Keberadaan FKBKK, berperan penting sebagai penghubung atau jembatan antara pencari kerja dengan berbagai perusahaan yang ada.

Namun, tentu saja harus lebih selektif dalam menyalurkan pencari kerja, agar perusahaan tetap diuntungkan memiliki sumber daya manusia (SDM) berkualitas. FKBKK hadir untuk menjawab sekaligus solusi menurunkan angka pengangguran di wilayah kita.

“Kami akan siap membantu dan bersinergisitas dengan Dinas Ketenagakerjaan dalam menjembatani masyarakat khususnya lulusan SMK di wilayah Kabupaten Tangerang. Untuk itu, Kami Segenap Kepengurusan yang baru, masa bakti 2019-2021, akan berupaya semaksimal mungkin agar kehadiran Forum BKK tingkat Kabupaten Tangerang ini, sebagai salah satu bentuk dukungan program pemerintah dalam mengsukseskan Tageline “SDM Unggul Indonesia Maju “dengan mengurangi angka pengangguran di Indonesia,” pungkasnya.

Kami juga sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan diantaranya, PT.Mayora, PT.Spin Mill, PT.Indo Seiko Metal Utama, PT.PEMI, PT.Sanken, PT.Inomek, PT.Plastik Injeksion,  PT.CIRILL, dan beberapa perusahaan besar lainnya.

Rektor Universitas Tangerang Raya (UNTARA) Ir. Mardiyana MM, Kehadiran FK-BKK Kabupaten Tangerang, menjadi solusi bagi para lulusan SMK di Kabupaten Tangerang, yang belum bisa melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi dalam mencari pekerjaan.

FK-BKK adalah mitra dengan universitas tangerang raya dalam berbagai hal terutama Tridharma Perguruan Tinggi. Terselenggaranya rapat kerja dan MoU FKBKK dengan dunia usaha dan industri di Kampus UNTARA adalah sinergi dan kolaborasi untuk meninggkan SDM serta menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Tangerang.  Kegiatan ini sejalan dengan tujuan dari Universitas Tangerang Raya, yang siap menciptakan SDM  yang unggul, propesional dan ahli dibidangnya.—(ms/dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *