Satu hektar Lahan Di Pancangan Kota Serang Terbakar

Satu hektar Lahan Di Pancangan Kota Serang Terbakar

Serang, Bantengate.id—Sekitar  1 (satu) hektar lahan di Kampung Panggang, Desa Panancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Senin (11/09/2023) sekitar pukul 10.45 WIB, terbakar. Kobaran api cukup sulit dipadamkan, karena unit kendaraan Tim Damkar tidak bisa mencapai titik lokasi dan kurangnya  air. Terjadinya kebakaran hutan ini didugasebagai akibat  pembakaran liar didekat lahan.

Bacaan Lainnya

Babinsa Desa Panancangan, Susilo,  mengatakan, mendapatkan laporan kebakaran dari Muslim selaku ketua RT dan security PT Pokphand, segera meluncur ke lokasi.  Aparat setempat bersama masyarakat segera berupaya memadamkan kobaran api, dan tak lama Tim Unit Damkar tiba dilokasi.

“Berdasarkan laporan dari ketua RT, Muslim dan Kepala Security Pokphand, kebakaran lahan yang tidak  produktif  ini sekira pukul 11.00 WIB.  Terjadinya kebakaran lahan ini diduga karena ada orang yang membakar sampah disekitar area lahan. Karena cuaca sedang musim kemarau dan tiupan angin kencang, api merambat ke sekitaran lahan dan area Pokphand”, kata  Susilo, kepada  media dilokasi.

Sementara itu,  Tim Damkar  yang tiba dilokasi  api langsung berjibaku memadamkan api tersebut, namun karena kesulitan akses dan selang air tidak sampai ke sumber api, api sulit dipaamkan. Tim Damkar, akhirnya terpaksa menjebol  ujung  tembok Pokphand  agar kendaraan unit bisa masuk mencapai titik lokasi.

Babinda Desa Panancangan,  Susilo, meminta kepada masyarakat, agar tidak melakukan pembakaran secara sembarangan disaat musim kemarau, karena dapat memicu kebakaran dilingkungan. Selain itu, agar hati-hati dengan  penggunaan sumber listrik yang berlebihan yang akan mengakibatkan konsleting listrik”,jelas Susilo.-(ridwan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *