Satu Pohon Mahoni Besar di Kota Rangkasbitung Tumbang, Di Tengah Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Satu Pohon Mahoni Besar di Kota Rangkasbitung Tumbang, Di Tengah Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Lebak, Bantengate.id–Pohon Mahoni dengan ukuran cukup besar di Jalan Ir. Juanda (Kp.Leuwi Kaung), Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, sekitar pukul 14.35 WIB tumbang  ditengah hujan turun deras di sertai  angin kencang, Senin (27/11/2023).

Bacaan Lainnya

Tidak ada korban jiwa manusia dalam musibah ini. Pohon Mahoni yang tumbuh di depan rumah Rais Abung, roboh ke tengah jalan raya dan merontokan kabel listik PLN serta  menyerempet sebagian rumah penduduk.

Sejak pagi cuaca sekitar Rangkasbitung, Banten, nampak mendung. Sekitar pukul 10.00 WIB hujan mulai turun deras disertai  angin kencang.  Hujan turun deras, hingga  pukul 16.30 WIB, bahkan menjelang waktu Magrib masih turun rintik-rintik.

Bu Yati (35 tahun) warga Leuwi Kaung, yang rumahnya bersebrangan dengan pohon tumbang mengatakan, pohon tersebut roboh sekira pukul 14.35 WIB seiringhujan turun deras disertai angin kencang. Saat hujan warga berada di dalam rumah masing-masing.

“Hujan cukup deras diserati angin cukup kencang. Penduduk tidak ada yang diluar rumah. Begitupun dengan arus lalulintas, sepi. Tiba-tiba pohon tumbang dan akarnya juga ikut terangkat,” kata Yati.

Dikatakan Yati, pada saat kejadian beruntung tidak ada kendaraan yang lewat sehingga tidak ada korban jiwa. Kondisi jalan kosong. Biasanya di bawah pohon mahoni sering digunakan parkir kendaraan penduduk karena teduh, namun bersyukur saat kejadian tidak ada yang terpakir dilokasi tersebut.

Para petugas dari BPDB Lebak, Polres, PLN, Dinas LH dan PUPR, dalam waktu cepat setelah mendapat laporan warga langsung tiba di lokasi dan segera memotong pohon yang tumbang. Sementara dari PLN, menangani jaringan kabel listrik.  Arus lalu lintas di alihkan oleh petugas Polres Lebak.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizki Pratama, mengatakan, saat ini petugas sedang melakukan evakuasi pohon dan pembersihan, sekalipun dalam kondisi hujan.

Hingga berita ini diturunkan,  para petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Lebak, masih melalukan pemotongan dahan dan ranting kayu dengan gergaji mesin untuk selanjutnya diangkut kendaraan truck.

“Kami akan menuntaskan pembersihan bekas pohon tumbang hingga selesai. Ini tinggal sisa sedikit lagi,”kata Topik  dan tim petugas dari Dinas LH sekitar pukul 19.05 yang dijumpai di lokasi.—(ridwan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *