Situ Cikamunding,  Destinasi Wisata Alam Yang Tersembunyi Diantara Bukit, Pesawahan dan Alam Pedesaaan

Lebak, Bantengate.id–Situ Cikamunding,  di Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten Selatan, bulan Januari 2023 lalu, sempat di hebohkan dengan ditemukannya ikan emas  seberat 15,5 kg terdampar di situ tersebut. Ikan yang ditemukan Daryat, warga Cikamunding itu, sempat viral di medsos dan warga menyebut ikan besar itu adalah “penunggu” situ yang sudah berusia ratusan tahun.

Bacaan Lainnya
Kades Sukamunding, Yayan Hendayana (memakai ikat) bersama Kades Cireundeu, Cikatomas dan Kades Pasirbungur.–(***)

Kades Sukamunding, Yayan Hendayana, mengatakan, bahwa situ tersebut sudah berusia ratusan tahun. Airnya berwarna hijau, dan tidak pernah surut. Ikan emas dan jenis ikan lain memang sengaja ditebar di situ tersebut dan warga menjadikan kawasan itu sebagai tempat untuk mancing dan bersantai dikala pagi dan menjelang senja.

“jadi wajar saja jika ada ikan terdampar dipinggir situ dan ditemukan  warga dengan berat 15,5 kg lebih.  Itu ikan emas biasa, dan diyakini ikan lain seberat itu masih ada di situ tersebut,”jelas  Kades Sukamunding, Yayan Hendayana,  kepada Bantengate.id, Selasa (23/05/2023).

Situ Cikamunding, sejak tahun 2022 lalu mulai ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah. Pemdes Situ Cikamunding bersama Pokdarwis, dengan anggaran desa sudah membangun beberapa gazebo, rakit dan wisata kuliner.  Wistawan domestik dari berbagai daerah mulai banyak berdatangan. Untuk saat sekarang  pengunjung tidak dikenakan baiaya atau tarif masuk, namun disarankan bisa memberi seikhlasnya guna pemeliharaan kebersihan situ dan sekitar lokasi.

Destinasi wisata Situ Cikamunding saat ini tengah diusulkan ke Dinas Pariwisara Provinsi Banten untuk dilakukan penataan, sehingga dapat menjadi destinawi wisata unggulan yang terpadu dengan destinasi wisata lainya di kawasan Banten Selatan; Pantai Citarate di Desa Cireundi, Curugkanteh di Desa Cikatomas, Arung Jeram di Desa Pasirbungur dan wisata kawasan Sawarna di Bayah dan Pantai Bagedur, di Malingping.

“Dalam tahun 2023 ini akan dilakukan pengakjian (DED) oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten,”kata Yayan, yang juga sebagai Sekretaris  APDESI Kabupaten Lebak.

Menuju ke Situ Cikamunding, wisatawan dapat melalui Jalan Nasional III Bayah-Cibareno, dan setelah itu dilanjutkan dengan kendaraan roda dua. Roda empat beum bisa masuk sampai ke Situ. Kendala lain, di kawasan ini dan daerah Kecamatan Cilograng, masih blank spot, sehingga untk komunikasi melalui saluran selullar masih dirasakan sulit.

Wisatawan yang berkunjung ke Situ Cikamunding, kendati berada di bukit dan ujung Kabupaten Lebak, dipastikan tidak akan menyesal dan ingin mengulang kembali untuk bertandang. Keindahan alam suasana pedesaan, yang di balut dengan masih hijaunya pepohonan di sekitar situ, areal pesawahan  yang masih terhampar dan sejuknya alam, menjadi daya “penawar” jarak tempuh menuju destinasi wisata situ Cikamunding.–(dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *