SMK Pasundan 1 Kota Serang, Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Kepala SMK Pasundan 1 Kota Serang, Drs. Aep Saepudin.–(**)

SERANG, Banten Gate.id–SMK Pasundan 1 Kota Serang, Banten, menggelar  peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,  bertempat di SMK Pasundan,  kota Serang, Selasa (11/10/2022).

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang  menjadi program dari bidang Rohani Islam (Rohis), di Lembaga Pendidikan SMK Pasundan 1 kota Serang,”kata Drs. Aep Saepudin, Kepala SMK Pasundan.

Menurut Aep, pembinaan karakter, moral/akhlak dan pengamalan nilai-nilai ibadah sebagaimana diajarkan dalam syariat Islam ditanamkan di lingkungan SMK Pasundan, kepada para siswa pemeluk agama Islam.

Diketakan Aep, seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pergeseran nilai  begitu cepat dan cukup mengkhawatirkan terutama persoalan moral/akhlak.

Di era digital  sekarang, informasi apapun dalam hitungan menit begitu mudah diterima anak-anak dan masyarakat melalui media sosial. Sementara informasi itu tidak selamanya benar, bahkan banyak yang hoax dan menyesatkan.

Menurut Aep, peringatan Maulid Nabi Muhammad saw di SMK Pasundan 1 kota Serang, sesungguhnya untuk memberikan informasi, bekal, dan pencerahan kepada segenap warga sekolah, terutama para peserta didik, tentang betapa pentingnya peran akhlak dalam kehidupan sehari hari.

Para peserta didik, selain diberikan bekal intelektual, juga penting diberikan pendidikan akhlak yang mulia. Oleh karena itu, melalui peringatan Maulid ini, diharapkan dapat diambil hikmah dan pelajaran seluruh siswa dan masyarakat tentang prilaku keseharian hidup Nabi Muhammad SAW, baik sebagai pemimpin agama (Umat Islam), pemimpin negara dan pemimpin keluarga.

Da’i muda yang akrab disapa Ki Janggut Muda, dalam tausiyahnya menyampaikan pesan mendasar khususnya kepada para siswa SMK Pasundan 1 kota Serang, agar mengedepankan sikap sopan dan santun kepada orang tua dan guru.

Menurut Ki Janggut Muda, jangan bangga dengan kepintaran otak yang luas, jika ternyata akhlaknya rendah. Oleh karena, Nabi Muhammad SAW diutus membawa sebah risalah oleh Allah SWT adalah untuk menyempurnakan akhlak.

“Saya sungguh sangat kagum dan bangga jika melihat anak muda milenial memiliki kecerdasan pengetahuan yang juga dihiasi dengan budi pekerti serta akhlak yang mulia”. Kata Kang Jenggot Muda.

Sementara, Rohis SMK Pasundan 1 kota Serang, Mualim, SH,I., mengatakan, kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW  ini penting dilakukan di lingkungan lembaga pendidikan. Diharapkan kedepannya, sebegai generasi penerus yang dididik di lembaga SMK Pasundan dapat menguasai Iptek yang tetap dilandasi akhlak.–(red/dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *