Stempel Sayang Dari Miss Ila

Ditulis oleh
Ila Nurazizah

Bacaan Lainnya

Mengingat dua dari 3 filosofi Ki Hajar Dewantara mengenai, “Ing Madya Mangun Karsa (di tengah membangun motivasi)dan Tut Wuri Handayani (di belakang memberikan dorongan semangat)”, lantas terbesit sebuah ide kecil dalam upaya untuk mencapai tujuan dari dua filosofi yang disebutkan diatas. Bukan karena ingin narsis namun hal ini didorong oleh faktor kemalasan yang terjadi dikelas. Pada awalnya murid-murid dikelas khususnya dikelas putra, mereka kebanyakan malas untuk menulis. Bukan karena faktor sakit tangan, kram, kebnayakan menulis, dll namun karena mereka tak ingin menulis saja. Oleh karena itu, saya terpikirkan untuk membuat stempel yang berisi kalimat compliment seperti good, very good atau bahkan excellent plus foto ustadzahnya yaitu gambar foto saya ada dalam stempel tersebut agar mereka lebih bersemangat lagi untuk menulis atau belajar. Menurut saya, menulis adalah hal penting yang perlu dilakukan disaat KBM berlangsung.

Menurut Suyono (2014), menulis merupakan proses berpikir yang paling sempurna. Sebab, melalui menulis, seseorang akan menyajikan informasi serta pemahamannya tentang sesuatu dengan selengkap-lengkapnya. Semua yang dibagikan itu pun tentu telah melewati proses ‘dipikirkan’ secara matang hingga diolah sebaik-baiknya. Karena itu, menulis membutuhkan waktu lebih lama ketimbang berbicara secara spontan. Oleh karena itu, selain mengajak membaca, setiap guru sebaiknya memberi kesempatan luas kepada anak didiknya untuk menuliskan apapun yang sedang dipelajari serta membiasakan murid membaca, berdiskusi, merenung, lalu menulis.

Alasan lain saya membuat stempel pujian ini ketika melakukan penilaian, adalah bentuk apresiasi kepada murid agar lebih semangat lagi dalam belajar bahasa inggris.

Murid akan mendapatkan stempel bertuliskan more study please, apabila mendapatkan nilai dibawah 70 ,good apabila mendapatkan nilai dibawah 85. Sedangkan kategori very good apabila nilai diatas 85. Kemudian kategori excellent, apabila murid menjawab soal ulangan harian benar semua atau murid memiliki kemampuan menulis essay/teks dengan sempurna.

Testimoni dari Aurel kelas 7 Putri 1 SMP Terpadu Al-Qudwah :

“Belajar sama miss itu lumayan seru karena kita tuh berlomba-lomba untuk mendapatkan stempel yang excellent,dengan cara seperti itu, kita bisa rajin menulis menuangkan kemampuan berpikir kita agar kita lebih rajin lagi belajar bahasa inggris supaya tambah semangat lagi biar bisa bahasa inggris.”

Tidak ada yang lebih membahagiakan seorang guru, disaat mengetahui muridnya mendapatkan hasil yang terbaik diakhir pembelajarannya. Namun ada hal yang lebih penting mereka ketahui, guru adalah sosok yang bukan mereka takuti namun harus bisa menjadi seorang sahabat, dan teman bermain bagi murid-murid kita, agar mereka merasa nyaman dan mampu menyerap ilmu yang diberikan tanpa adanya tekanan. Salam sukses, bahagia dan sehat selalu semuanya. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar