Ternak Kambing, Cara Koramil 0311/Cileles Dukung Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

BANTENGATE.ID, LEBAK:– Danramil 0311/Cileles, Kodim 0603/Lebak, Kapten Inf. Subagyo, bersama anggota saat ini tengah melakukan pengembangan pemeliharaan dan perawatan ternak kambing dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar  kantor  Koramil 0311/Cileles. Kegiatan ini dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Danramil 0311/Cileles, Kapten Inf. Subagyo, pihaknya berinisiatif melakukan pemeliharaan dan perawatan ternak kambing karena hewan  ini mudah dikembangkan dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi, sehingga diharapkan bisa memperkuat ketahanan ekonomi  masyarakat di masa pandemi covid-19.

“Memelihara dan mengembangkan ternak kambing, sebagai tindak lanjut pelaksanaan  program Panglima TNI dan Kapolri dalam rangka meningkatkan swasembada pangan di tengah pandemi Covid-19,” kata Kapten Inf. Subagyo, kepada bantengate.id, Minggu (28/3).

Menurut Subagyo, beternak kambing menjadi pilihan yang cukup menjanjikan, karena  mempunyai pangsa pasar cukup luas dengan harga yang menjanjikan, Rp 2,5 juta – Rp 5,5 juta/ekor.

Oleh sebab itu, Koramil 0311/Cileles mengembangkan peternakan tersebut. Mulai dari mencari bibit unggul, pakan/pemberian makanan berupa rumput yang segar dan minum kambing yang cukup. Di samping itu, pembersihan kandang dilakukan secara rutin setiap pagi hari, dengan harapan kambing-kambing itu akan berkembang dengan sehat sesuai dengan yang diharapkan.

“Ini merupakan bukti nyata dalam mendukung program ketahanan pangan, yaitu dengan pemeliharaan dan perawatan kambing yang optimal sehingga hasilnya akan maksimal,” kata Kapten Inf. Subagyo.

“Dengan perawatan yang rutin, diharapkan ke depan program ketahanan pangan peternakan kambing akan bermanfaat dan berguna dalam meningkatkan ilmu pengetahuan, sumber daya  dan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dalam melawan penyebaran Covid-19,” tambahnya.– (vina)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *