TikTok Shop Beroperasi Kembali di Tokopedia dalam Kemitraan Multimiliar Dolar

TikTok Shop Kembali Bergeliat, Persaingan E-commerce Memanas
LVIV, UKRAINE - October 25, 2020: Tik Tok application on modern smartphone. Social networks. Black background.

Bantengate.id, JakartaPT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) dan TikTok secara resmi mengumumkan kemitraan strategis mereka, yang bertujuan memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dengan pemberdayaan dan perluasan pasar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) nasional.

Bacaan Lainnya

Dalam keterangan resmi yang dirilis pada Senin (11/12/2023), diungkapkan bahwa bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan disatukan di bawah bendera PT Tokopedia, dengan TikTok memiliki pengendalian penuh atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dikelola oleh PT Tokopedia.

“TikTok berkomitmen menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar sebagai dukungan jangka panjang untuk operasional Tokopedia, tanpa menyebabkan dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia,” demikian bunyi keterangan tersebut.

Melalui kemitraan ini, TikTok dan GoTo bertujuan memperluas manfaat bagi pengguna dan pelaku UMKM Indonesia. Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia diharapkan memberikan keuntungan bagi GoTo, yang tetap menjadi mitra ekosistem Tokopedia. Ini termasuk upaya menjangkau pasar yang lebih luas melalui layanan keuangan digital GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek. GoTo juga dijanjikan aliran pendapatan seiring dengan skala dan pertumbuhan perusahaan.

Kemitraan strategis ini akan dimulai dengan periode uji coba yang akan diawasi oleh kementerian dan lembaga terkait. Pada fase uji coba, program kampanye “Beli Lokal” akan diluncurkan pada 12 Desember 2023, sejalan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

“Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asli Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok memungkinkan pengguna TikTok berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka,” lanjut keterangan tersebut.

TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi pelaku UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce. Lebih dari 90% merchant yang terlibat merupakan pelaku UMKM. Program dukungan akan mencakup promosi produk, huluisasi UMKM, dukungan pemasaran, branding, dukungan ekspor produk lokal, pembukaan pusat pengembangan talenta digital, dan peningkatan persaingan pasar secara adil.

Transaksi ini dijadwalkan selesai pada kuartal pertama 2024, dengan Goldman Sachs sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo. Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan strategi perseroan dalam memperluas cakupan pasar. Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia, akan dibentuk komite yang akan memfasilitasi transisi dan integrasi, yang akan dipimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *