Wagub Banten, Andika Hazrumy, Menggagas Pembentukan Koperasi Alumni Sekolah Untuk Bangkitkan Ekonomi

Wagub Banten, Andika Hazrumy.–(***)

SERANG,BANTENGATE.ID- Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, menggagas pembentukan koperasi di lingkungan alumni sekolah SLTA atau Perguruan Tinggi  untuk dapat memicu bertambah banyaknya jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bacaan Lainnya

“Dengan jumlah alumni yang sedemikian banyak, saya kira akan lebih baik lagi kalau teman-teman alumni SMEA/SMK 17 Serang ini membentuk koperasi alumni,” kata Andika dalam sambutannya di acara Reuni SMEA/SMK 17 Serang di Auditorium Kampus Untirta, Sindangsari, Kota Serang, Minggu (27/3).

Reuni dihadiri ribuan alumni SMEA/SMK 17 Serang dari angkatan 1982-2004 itu termasuk pelawak senior dan mantan politisi Komar atau Nurul Qomar yang kini aktif di media sosial dengan nama Abah Qomar.

Ditegaskan Andika,  pemberdayaan UMKM secara baik dan benar dapat secara signifikan membuat pertumbuhan ekonomi di daerah. Untuk itu pertumbuhan angka UMKM atau jumlah pelaku UMKM harus terus ditingkatkan agar tercapai akumulasi pertumbuhan ekonomi yang didorong dari banyaknya UMKM berkualitas.

Oleh sebab itu, Andika, dalam acara reuni tersebut menggagas  pembentukan koperasi di lingkungan alumni sebuah sekolah atau perguruan tinggi akan dapat memicu bertambah banyaknya jumlah pelaku UMKM dan perlu  dapat diwujudkan.

Dikatakan Andika, pembentukan koperasi diyakini akan dapat menambah pertumbuhan  pelaku UMKM karena di dalam koperasi program-program bantuan dari lembaga koperasi sebagai hasil dukungan dari sesama anggota koperasi akan terus terjadi.

Selain bantuan permodalan, lanjutnya, bantuan jaringan pemasaran hingga bantuan pelatihan ilmu-ilmu mengembangkan usaha akan terjadi dengan keberadaan sebuah koperasi.

“Saya selaku Wakil Gubernur Banten menunggu dibentuknya koperasi alumni SMEA/SMK 17 Serang ini. Nanti Pemprov Banten melalui dinas koperasi dan UMKM akan melakukan sinergi-sinergi,” jelasnya Andika.

Lebih jauh Andika mengatakan, meskipun berbagai capaian pembangunan mengalami perlambatan dampak pandemi Covid-19, namun indikator makro pembangunan tetap tumbuh sejalan dengan membaiknya penanganan pandemi melalui program vaksinasi dan program pembangunan kesejahteraan.

Untuk itu, Andika berharap segenap masyarakat Banten termasuk alumni SMEA/SMK 17 Serang turut membantu Pemerintah Daerah dalam membangun optimisme bahwa pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19 berjalan sesuai dengan harapan.

Pemprov Banten, kata Andika, berharap sumbangsih dan partisipasi seluruh elemen masyarakat Banten termasuk alumni SMEA/SMK 17 Serang dalam pembangunan daerah khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat serta berbagai kegiatan pembangunan lainya.

Ketua Panitia Reuni, Aeng Haerudin, menyambut baik ajakan Andika untuk menggagas pembentukan koperasi di lingkungan alumni sekolah seperti alumni SMEA/SMK 17 Serang.

”Saya kira ajakan Pak Wagub itu kami menyambut baik. Insya Allah kami akan segera menindaklanjutinya bersama teman-teman,” kata Aeng yang juga mantan Ketua DPRD Banten.–(rel/dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *