Warga Lebak Tengah Sambut Gembira, Jalan Cirinten – Pasarkupa Selesai di Hotmix

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak,
Maman SP,SST.M.Si

BANTENGATE.ID,LEBAK—Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terus bergerak menunjukan kinerjanya  dalam membangun infrastruktur jalan di wilayah Lebak bagian Tengah dan Selatan, kendatipun ditengah kondisi pandemi covid -19.

Bacaan Lainnya

Memasuki  awal Trwilan III  Tahun 2021 selesai di bangun jalan antara Cirinten – Pasarkupa sepanjang 10,1 KM dan lebar hotmix 4 meter. Pembangunan infrastruktur yang sudah lama didambakan masyarakat  ini mengubungkan wilayah Kecamatan Cirinten di Lebak Tengah dan Pasar Kupa Kecamatan Cigemblong di  wilayah Lebak Selatan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak, Maman SP, SST,M.SI, melalui Kabid Binamarga, Hamdan, kepada Bantengate, di Rangkasbitung, Senin (2/08/2021), pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan Cirinten–Pasarkupa dilaksanakan penyedia barang/jasa, PT.Tiga Perkasa dengan konsultan Pengawas PT. Parindo aya Engineering. Sedangkan biaya bersumber dari DAK Reguler Tahun 2021 sebesar Rp 18.735.031.000.—

Menurut Hamdan, dengan telah selesai dibangun jalan Cirinten –  Pasarkupa,  wilayah pedalaman di Kabupaten Lebak sudah terbuka dan bisa di akses dari semua poros.

Dari Kota Rangkasbitung menuju Lebak wilayah Kabupaen Lebak bagian Selatan (Malingping, Bayah) dapat melalui route  Cimarga – Leuwidamar – Bojongmanik – Cirinten – Pasarkupa – Cijaku – Malingping – Bayah.

Hamdan meminta kepada masyarakat untuk memelihara dan menjaga infrasrukur jalan tersebut dengan cara mematuhi MST tonase kendaraan, sehingga usianya akan lama dan bermanfaat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.

Bagi pelancong atau masyarakat  yang melintasi ke wilayah Lebak Tengah melalui route jalan Cirinten – Pasarkupa,  sepanjang perjalanan  bisa menikmati indahnya  alam dan keseharian kehidupan masyarakat pedesaan. Di kanan dan kiri sepanjang route jalan itu nampak sawah, kebun dan perbukitan  dengan tumbuhan pepohonan yang subur dan alami.   Route ini  menjadi destinasi  wisata yang menarik,”kata Hamdan.

Pasarkupa di Kecamatan Cigemblong merupakan pusat perdagangan masyarakat di Lebak Tengah. Daerah Cigemblong dan Cijaku  dikenal sebagai penghasil gula aren  atau “Gula Aren Cimenga” dengan kualitas “nomor wahid”. Warnanya kuning dan rasanya manis alami. Selain itu, daerah Lebak Tengah kaya potensi destinasi wisata.–(dimas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *