Menyambut Bulan Suci Ramadan 1442 H/2021 M, Warga Gununganten Membersihkan Jalan Desa

Kades Gununganten, Suparman

BANTENGATE.ID, LEBAK:—Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1442 H/2021 M, yang  diperkirakan jatuh pada 13 April 2021, masyarakat di Desa Gununganten, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten, bekerja bhakti membersihkan jalan  desa, Minggu (21/3).

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Gununganten, Suparman, memimpin langsung gerakan gotong royong membersihkan jalan desa yang mulai banyak ditumbuhi rumput.  Masyarakat  Kampung Sawah, Kebon Kopi dan  Bojong serang, misalnya, nampak bersemangat membersihkan jalan desa di daerahnya untuk terciptanya kebersihan dan kenyamanan lingkungannya.

“Gotong royong  membersihkan jalan desa, di mulai dari Kampung Cikeuyeup – Kebon Kopi, Jembatan gantung kali Ciujung.  Untuk kerja bhakti di hari Minggu (21/3) sekarang  dilaksanakan dari Pasir Kopo –  Kebon Kopi. Nanti Minggu  depan dari Kasir Kopo – Cikeuyeup,” kata Kades Suparman saat   bersama warga di lokasi jalan.

 Baca Juga: 75 Hektar Padi Sawah di Blok Cikalong Desa Gununganten, akan Segera Panen

Menurut Kades  Suparman, kerja bhakti ini untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M  dan diperkirakan  jatuh pada tanggal 13 April 2021 mendatang atau tinggal beberapa pekan lagi. selain untuk terciptanya kebersihan dan keindahan lingkungan.

Selain membersihkan jalan desa, gotong royong akan dilanjutkan dengan membersihkan TPU (Tempat Pemakaman Umum) di Pasir Ranggil dan TPU lainya.  Kegiatan lain, akan memasang  lampu  PJU (Penerangan Jalan Umum) secara swadaya di tempat-tempat tertentu dan meminta kepada masyarakat untuk memasang lampu penerangan di depan rumah atau pagar rumah masing-masing. Oleh sebab, aktivitas warga  umumnya banyak dilakukan pada malam hari, dari mulai pelaksanaan Shalat Tarawih dan kegiatan lainya, sehingga masyarakat akan terasa aman dan nyaman.

Panjang jalan dari Cikeuyeup – Kebon Kopi sekitar 7 KM.  Sebelumnya, jalan desa ini  kecil dan hanya bisa dilalui kendaraan bermotor roda dua.  Namun sejak tahun 2010 an  sudah diperlebar dan masuk mobil serta sudah di aspal, sekalipiun di beberapa titik ada yang sudah mengelupas.  Jalan yang sudah mengelupas ini, akan segera diperbaiki sesuai kemampuan anggaran desa.

Abah  Eli  (65) dan H. Dimyati (60) warga Kebon Kopi dan Kampung Sawah,  menyambut gembira atas gerakan Kepala Desa yang mengajak warganya untuk bergotong royong membersihkan jalan desa.

“Gotong royong membesihkan jalan desa dan sekitar lingkungan pada dasarnya merupakan kewajiban warga.  Kami dan warga dengan  senang hati melaksanakan kerja bhakti untuk kenyamanan, keindahan  dan ketertiban di desa Gununganten,” kata Abah Eli.– (vina/em)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *