Puskesmas Jambe Lampaui Target Pekan Imunisasi Nasional Polio, Capai 101,09%

Bantengate.id, Puskesmas Jambe, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, berhasil melampaui target pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dengan memberikan imunisasi kepada 7.357 anak, atau 101,09% dari target 7.280 anak. Pencapaian ini menjadikan Puskesmas Jambe sebagai contoh sukses dalam program imunisasi polio bagi anak-anak usia 0 hingga 8 tahun kurang 1 hari.

Bacaan Lainnya

Kepala Puskesmas Jambe, drg. Ch Handar Mujati, menyatakan bahwa pelaksanaan PIN Polio berjalan lancar di Kecamatan Jambe. Ia juga mengajak seluruh masyarakat setempat untuk mendukung program imunisasi polio.

“Untuk mencapai target, kami melakukan sweeping (door to door) bagi yang belum diimunisasi. Tujuannya agar anak-anak di wilayah kerja Puskesmas Jambe terimunisasi polio. Puskesmas Jambe yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor juga menerima pasien dari wilayah Bogor. Jika mereka membawa anak yang termasuk dalam kriteria sasaran, kami berikan imunisasi polio,” ujarnya.

drg. Ch Handar Mujati menambahkan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan setiap anak mendapatkan imunisasi polio agar anak-anak Indonesia terbebas dari penyakit tersebut. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi.

“Dengan dukungan semua pihak, diharapkan cakupan imunisasi dapat meningkat dan kesehatan anak-anak terjaga dengan baik,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya menerapkan strategi sweeping (door to door) ke rumah-rumah dengan menggandeng berbagai lintas sektor seperti aparat kecamatan, desa, serta seluruh stakeholder terkait. Mereka berperan aktif dalam menyukseskan PIN Polio sebagai program dari Pemerintah Pusat.

“Alhamdulillah, saat sweeping (door to door), semua orang tua mendukung dan antusias agar anaknya mendapatkan imunisasi polio. Sebelumnya, kami memberikan pemahaman tentang bahaya penyakit polio kepada para orang tua,” ujarnya.

drg. Ch Handar Mujati berharap dengan adanya Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, anak-anak di wilayah Kecamatan Jambe dapat terbebas dari penyakit polio. (ikp/dimas)

Pos terkait