Dosen IPB Mengabdi Inovasi 2023: Peningkatan Kapasitas Petani Closed-Loop Pangan (Beras) Di Nusa Tenggara Timur dengan tema Strategi Pemasaran Digital

Dosen IPB Mengabdi Inovasi 2023: Peningkatan Kapasitas Petani Closed-Loop Pangan (Beras) Di Nusa Tenggara Timur dengan tema Strategi Pemasaran Digital

Ditulis oleh
Dr. Nia Kurniawati Hidayat, SP, M.Si dan Titin Suhartini Koswara, S.E

Bacaan Lainnya

Salah satu lokasi Dosen Mengabdi Inovasi 2023 yang dikoordinasikan di IPB melalui Direktorat Pengabdian Masyarakat Agromaritim yang berlokasi di Mbay Kabupaten Nagekeo Provinsi Nusa Tengara Timur. Topik yang di angkat oleh tim DMI ini adalah Strategi Pemasaran Digital untuk meningkatkan kesejahteraan Petani di Mbay Nagekeo. Kegiatan di laksanakan oleh TIM Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen dan Asisten Dosen, IPB University yaitu Prof. Dr. Firdaus, SP, MSi, Dr. Ir. Tanti Novianti, MSi, Dr. Nia Kurniawati Hidayat, SP, MSi dan Titin Suhartini, SE (Asisten).

Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan perusahaan atau perorangan untuk memasarkan atau mempromosikan produk pertaniannya. Adapun pengertian lain dari pemasaran, merupakan tindakan yang diakukan perusahaan untuk menarik para konsumen. Ada 3 (tiga) hal penting dari pemasaran yaitu Segmentasi, Targeting, Positioning. Ada beberapa jenis pemasaran salah satunya pemasaran digital, pemasaran digital adalah adalah segala aktivitas pemasaran yang menggunakan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran, termasuk mempromosikan merek, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan. Pemasaran digital ini sangat penting karena persaingan pasar semakin ketat, Teknologi Informasi (TI) berkembang pesat, Untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat, Untuk mempertahankan peluang bisnis, Memahami konsumen dan menentukan strategi yang tepat.

Adapun manfaat dari pemasaran digital adalah meningkatkan penjualan, pemanfaatan media digital untuk beriklan bisa meningkatkan penjualan produk ataupun jasa. Jangkauan konsumen dan target pasar yang meluas akan membuat produk semakin dilihat banyak orang, lebih dekat dengan konsumen, menjalin komunikasi dengan konsumen melalui media digital akan membuat konsumen menjadi lebih dekat, memberikan pelayanan terbaik agar konsumen membeli produk atau jasa, konsumen biasanya menyukai penjual yang memberikan respon cepat dan pelayanan yang ramah, sehingga bisa memunculkan konsumen baru dan pelanggan setia. Meningkatkan pendapatan, tujuan utama dari strategi pemasaran adalah meraih pendapatan, keuntungan dan loyalitas pelanggan. Dengan berkembangnya jaringan konsumen yang dimiliki, maka pendapatan juga ikut bertambah. Pendapatan yang meningkat juga bisa mendorong pertambahan profit untuk bisnis. Membangun nama brand, digital marketing membantu membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk.

Adapun kekurangan dari pemasaran digital adalah koneksi internet: beberapa kasus muncul ketika melakukan promosi online misalnya koneksi internet. Ketika koneksi internet lambat, pengunjung pun sulit untuk mengakses konten yang telah diupload. Masalah pembayaran: banyak orang yang masih belum mengerti tentang metode pembayaran secara online. Kurangnya kepercayaan pengguna karena banyaknya penipuan, kualitas barang yang dijual tidak sesuai dengan ekspetasi dan lain-lain. Jenis-jenis pemasaran digital seperti Website, Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Online Advertising, Email Marketing, Video Marketing.

Penyampaian materi di sampaikan oleh Dr. Nia Kurniawati Hidayat dan di moderator oleh Nikolaus Neka, SPi materi tersebut berfokus kepada petani Padi di Mbay Nagekeo dengan topik materi Strategi Pemasaran usahatani, Post test pengetahuan dan persepsi petani kemudian di lanjutkan dengan FGD yang terfokus kepada permasalahan-permasalahan strategi pemasaran yang ada di Mbay Nagekeo – NTT.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *